Loading...
Lifestyle

10 Negara Ini Penderita Diabetesnya Paling Sedikit di Dunia

diabetes

Penderita penyakit diabetes melitus di Indonesia semakin tahun semakin meningkat, dan sudah jadi salah satu penyakit kronis. Dari data yang dikeluarkan oleh International Diabetes Federation dan World Bank tahun 2017 terungkap bahwa per 100 orang dewasa di neegara kita, ada 6 orang yang menjadi penderita diabetes.

Penyebabnya beragam, mulai dari gaya hidup tidak sehat seperti makan berlebih, tinggi gula atau kolesterol, serta kurangnya aktivitas fisik.

Mungkin kita perlu belajar dari 10 negara berikut ini yang penderita diabetesnya paling sedikit di dunia, seperti dilansir laman klikdoctor:

Benin (Afrika Barat)

Negara Benin ada di urutan pertama negara dengan jumlah penderita diabetes terjarang. Dari 100.000 orang dewasa, hanya 1 orang yang mengalami penyakit tersebut. Makanan pokok penduduknya adalah biji-bijian seperti jagung dan sorgum juga sayur.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Gizi Bayi Tercukupi

Zimbabwe

Tingkat ekonomi rendah membuat penduduk umumnya makan bubur kental dari biji-bijian dan gandum, sayuran hijau, juga saus kacang dan tomat. Tak heran jika penderita diabetesnya rendah.

Gambia (Afrika)

Karena pernah dijajah Inggris dalam waktu sangat lama, makanan pokok negara ini adalah makanan khas Afrika dan makanan ala barat bernama benachin (campuran nasi, daging pedas, dan pure tomat. Juga kentang dan kacang-kacangan.

Greenland (Amerika)

Makanan pokok masyarakat Greenland adalah ikan dan sayur, karena letak negara yang kepulauan serta berbukit.

Burkina Faso (Afrika Barat)

Karena negara ini miskin, makanan pokoknya adalah sejenis pasta tepung jagung, juga saus kacang dan sayuran.

Pantai Gading (Afrika Barat)

Penduduknya makan jagung, beras, ubi, dan singkong ditambah sayuran serta kacang-kacangan. Tak heran jika angka diabetes sangat rendah.

Baca Juga:  Ternyata Faktor Ini yang Sebabkan Wajah Terlihat Lebih Tua

Tanjung verde

Negara ini juga ada di Benua Afrika, yang memang banyak terdapat negara miskin. Makanan utamanya jagung yang dikukus, kacang-kacangan, sayuran serta daging

Guinea

Sama seperti negara Afrika lainnya, makanan pokok penduduknya adalah singkong, jagung, atau sorgum serta beberapa sayuran. Akibatnya mereka jarang mengalami diabetes. Malah banyak yang mengalami malnutrisi.

Guinea-Bissau

Penduduk negara di Afrika ini juga banyak makan jagung yang dikeringkan. Makanan ini memiliki indeks glikemik rendah sehingga tak memicu naiknya gula darah.

Liberia

Masyarakat negara ini terbiasa berjalan kaki ke mana-mana karena kondisi kekurangan. Selain itu makanan mereka pun sangat sederhana, sama seperti umumnya negara di Afrika lainnya. Tak heran jika penyakit diabetes sedikit sekali penderitanya di negara ini.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.