Aktivitas seksual merupakan salah satu kebutuhan biologis manusia. Apalagi bagi orang dengan hormon seksual yang baru saja aktif, mereka memiliki keinginan untuk mengeksplorasi kebutuhan seksual yang lebih tinggi dibanding fase perkembangan lainnya, terutama pada laki-laki. Hasrat seksual yang tinggi pada laki-laki ini dapat berdampak buruk apabila disalurkan dengan melakukan hubungan seksual yang “sembarangan”, contohnya saja dapat terjangkit penyakit menular seksual. So POPIe, pada pembahasan kali ini kita akan banyak membahas mengenai penyakit menular seksual yang umum dialami oleh laki-laki.


Penyakit menular seksual, atau biasa disebut sebagai STD (Sexually Transmitted Disease), merupakan penyakit yang dapat ditularkan dengan melakukan kontak seksual langsung. Beberapa penyakit STD dapat disembuhkan dengan antibiotik, sementara beberapa lainnya masih belum ditemukan penyembuhnya. Penyakit menular ini dapat diminimalisir dengan penggunaan kondom. Namun tetap saja, tidak ada cara yang dapat mencegah STD secara total. So, lebih baik mencegah dibanding menyembuhkan, bukan? Nah, berikut adalah 3 penyakit menular seksual yang rentan dialami oleh laki-laki:



Chlamydia pada laki-laki dapat menyerang pada bagian uretra, epididimis, dan rektum. Penyakit ini sering disebut sebagai “the silent STD” karena tidak ada tanda fisik yang signifikan pada laki-laki. Tanda-tanda yang paling dapat dirasakan yaitu sensasi terbakar ketika mengeluarkan urin, atau terjadi inflamasi genital. Well, bukan itu saja lho, bakteri jenis ini juga dapat mengakibatkan efek berkepanjangan pada laki-laki, seperti penyakit arthritis. Chlamydia dapat disembuhkan dengan antibiotik khusus.



Penyakit yang satu ini dapat sangat mengganggu dan bisa juga berefek panjang. Rasa gatal yang luar biasa dan rasa terbakar pada kulit genital dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, serta rasa terbakar ketika mengeluarkan urin. Tanda fisik yang dapat dilihat dari penyakit ini yaitu adanya cairan putih yang keluar dari ujung Mr. P. Yang lebih parahnya, penyakit menular ini dapat mengakibatkan efek berkepanjangan seperti serangan jantung dan menyebar kepada infeksi mata.


Genital Herpes adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh orang dengan STD. Penyakit kali ini masih belum ditemukan penyembuhnya. Sama dengan HIV, Genital Herpes juga bertahan seumur hidup dan hanya dapat dicegah. Tanda-tanda fisik dapat dilihat apabila tingkat penyakit sudah lebih dari fase awal atau mild. Tanda tersebut seperti rasa keletihan yang berlebihan, infeksi mata, iritasi baik pada kulit genital maupun bagian kulit lainnya, sakit di bagian Mr. P, dan lain-lain.

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

Loading...

Sampaikan Pendapat