5 Benda di Pesawat yang Simpan Paling Banyak Kuman dan Kotoran

Posted on

pesawat

Jangan mengira bahwa benda-benda di pesawat terbebas dari kuman dan kotoran. Banyaknya penumpang yang naik dan turun silih berganti adalah lahan subur bagi kuman serta bakteri untuk bertambah banyak dan berkembang biak serta berpindah tempat.

Ada beberapa benda di pesawat yang terbukti menyimpan lebih banyak kuman serta bakteri, dan sebaiknya tidak Anda sentuh selama dalam perjalanan. Tim ahli mikrobiologi yang meneliti berbagai benda di pesawat mengungkap fakta tersebut.

5 benda terbanyak mengandung kuman dan kotoran serta bakteri itu adalah seperti berikut ini, dilansir laman mydomaine.com, Rabu (5/7/2017):

Nampan baki di tempat duduk

Nampan tempat meletakkan dan menghidangkan makanan dan minuman adalah lokasi paling berkuman di pesawat. Nampan itu bisa ditutup dan dibuka, serta menyimpan kotoran banyak sisa makanan.

Baca Juga:  Sepatu Bertema Makanan Jadi Produk Terbaru Adidas

Menurut tim dari University of Arizona, 60 persen kuman yang ada di nampan tersebut cukup berbahaya yakni E. Coli dan MRSA dan jenis kuman lainnya.

Majalah

Benda ini juga banyak disentuh oleh penumpang. Membolak-balik setiap halamannya berarti memindahkan kuman dari tangan ke majalah. Apalagi majalah pesawat sangat jarang diganti dalam waktu lama.

Selimut, bantal

Kedua benda ini pun sangat jarang diganti atau dicuci, namun kerap digunakan oleh banyak orang. Jika tidak terpaksa sebaiknya jangan gunakan, bawalah selimut atau jaket sendiri untuk digunakan.

Wastafel

Wastafel di pesawat sama kotornya seperti meja nampan. Jika tidak terpaksa sebaiknya tidak gunakan benda ini.

Tombol flush di toilet

Baca Juga:  Anak Bisa Kena Batu Ginjal Jika Ortu Melakukan Kesalahan Ini

Tombol flush sering disentuh, namun jarang sekali dibersihkan. Karena itu tak heran jika kandungan kuman dan bakterinya sangat banyak. Jika mungkin, bersihkan dahulu dengan tisu anti bakteri sebelum Anda gunakan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.