5 Cara Simpel Atasi Sulit BAB Jadi Lancar

Posted on


Gaya hidup terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan kurang sayur-buah membuat seseorang selalu mengalami sulit buang air besar (BAB). Jika sudah begitu, Anda pasti tidak nyaman sepanjang hari.


Ketika segala sudah dicoba mulai dari makan pepaya hingga minum banyak air putih tak berhasil, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendorong kotoran keluar dari tubuh.


Beberapa cara di bawah ini tak biasa dan simpel, tapi cukup manjur loh.


1. Minum air hangat


Saat sulit BAB, pastikan air yang diminum adalah air hangat karena bisa menstimulasi sistem pencernaan. Nanti akan terjadi gerakan peristaltik, yakni sebuah proses yang menyebabkan otot-otot usus mendorong kotoran ke rektum, seperti disampaikan Direktur Digestive Health Center Augusta University, Amerika Serikat, Satish Rao.

Baca Juga:  Makan Kuaci Bisa Memperlancar Sirkulasi Darah dan Beri Manfaat Lainnya

2. Minum kopi


Selain minuman hangat bisa juga mencoba minum kopi. Menurut riset yang dilakukan Rao, kandungan kafein pada kopi memicu kontraksi di usus 60 persen lebih kuat dari air hangat.


“Ada senyawa dalam kopi yang memicu produksi hormon tertentu yang membantu tubuh mengeluarkan kotoran,” kata Rao.


Selain itu, sebuah studi juga menemukan bahwa sepertiga partisipan yang terlibat studi menyatakan keinginan BAB 20 menit setelah minum kopi.


3. Bangun lebih pagi


Jika hari ini tidak bisa BAB, pastikan besok bangun lebih pagi. Proses pencernaan makanan telah terjadi di malam hari, lalu sisa pencernaan akan dibuang saat pagi hari. Bila bangun terlambat alias siang hari membuat sinyal untuk BAB juga “mati”.


“Tubuh memiliki ritual dan program. Jika Anda peduli pada sinyal itu, BAB akan keluar. Bila tidak menghiraukan sinyal, ya akan mati,” katanya.

Baca Juga:  Minum Susu Saja Masih Kurang Untuk Hindari Osteoporosis

4. Membayangkan sesuatu


Rao sering menyarankan kepada pasiennya yang kesulitan BAB untuk menggunakan teknik imajinasi. “Bayangkan ada bagian tubuh yang menahan air. Lalu, secara perlahan-lahan membukanya, kemudian keluarkan seberapa banyak yang diinginkan,” kata Rao mencontohkan.


Menurut Rao, ada koneksi antara tubuh dengan pikiran. Nah dengan teknik imajinasi ini, bisa membantu BAB bisa keluar.


5. Pijat perineum


Jika keempat cara di atas tak juga berhasil, coba pijat perineum secara lembut. Perineum adalah pembatas antara anus dengan vagina atau penis. Menurut peneliti, tekanan lembut pada perineum dapat membuar rileks lubang anus sehingga feses bisa cepat keluar. [KS]

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.