Loading...
Lifestyle

5 Wabah Penyakit Ini Hebohkan Dunia di Tahun 2017

Berita Terkini Virus Ebola Bisa Jangkiti 20.000 Orang di Afrika!

Selama tahun 2017, ada beberapa wabah penyakit yang terjadi di negara tertentu namun efeknya menghebohkan sampai ke belahan dunia lain. Penularan yang cepat, juga angka kematian yang cukup tinggi adalah alasan negara lain cemas dan berusaha mencegah terjadinya penularan.

Dilansir dari BuzzFeed News, Minggu (31/12/2017) berikut ini 5 wabah penyakit yang menghebohkan tersebut sepanjang tahun lalu:

Black death di Madagaskar

Ditularkan dari tikus ke manusia, lewat kutu yang membawa bakteri Yersinia pestis. Obatnya antibiotik tertentu, akan tetapi 30-100 persen kasus tidak tertolong, demikian data WHO.

Tahun lalu, 2.417 kasus ditemukan dan menyebabkan 209 tewas. Wabah ini mayoritas kasusnya menjadi pneumonia, sehingga menular dari manusia ke manusia.

Baca Juga:  Manfaat Lengkap Yang Terdapat Dalam Buah Naga, Baik Untuk Ibu Hamil

Kolera di Yaman

Kolera dipicu oleh bakteri Vibrio cholerae yang mencemari makanan dan minuman. Ia menyebabkan diare parah dan dehidrasi. Tercatat 862.858 kasus terjadi di Yaman dan menewaskan 2.177 orang.

Konflik dan perang memperparah kondisi wabah di negara tersebut.

Ebola di Afrika Barat

Walau jumlahnya jauh lebih kecil dibanding sebelumnya, namun ebola masih ada. Wabah Ebola disebabkan oleh virus yang menyebar melalui darah dan cairan tubuh dari manusia atau hewan yang terinfeksi.

Korban akan mengalami perdarahan, yang memicu kematiannya. Angka kematian akibat penyakit itu tinggi, yakni mencapai 50 – 90 persen.

Difteri

Tidak saja di Indonesia, di Bangladesh penyakit ini juga mewabah. Dipicu oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae penyakit ini menyerang saluran pernapasan atas.

Baca Juga:  Sebaiknya Tidak Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya

MERS-CoV

Terjadi di wilayah Timur Tengah, yang juga menyerang saluran pernapasan manusia dan hewan onta. Middle East respiratory syndrome (MERS) sempat membuat jamaah haji dan umroh asal Indonesia cemas. Gejalanya adalah demam, sesak napas, dan pneumonia.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.