panu

Beberapa orang terlihat sangat mudah terkena penyakit panu, sementara lainnya tidak. Panu disebabkan oleh jamur malassezia yang tumbuh dan berkembang biak di kulit.

Pemicunya ada beberapa, namun umumnya karena tidak menjaga kebersihan kulit dengan baik. Jamur tersebut pun akan mudah tumbuh disebabkan oleh faktor lain yang mungkin juga Anda keluhkan.

Berikut ini faktor penyebab tumbuhnya jamur malassezia secara tak terkendali sehingga panu tampak meluas di permukaan kulit:

– Jenis kulit berminyak: apabila Anda memiliki jenis kulit berminyak maka resiko memiliki penyakit panu akan lebih besar

– Remaja/dewasa muda: ternyata, panu akan lebih banyak menyerang kaum remaja atau dewasa muda.

– Perubahan hormon: di usia remaja terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan, sehingga disukai oleh jamur tersebut.

– Daerah lembab dan panas: beberapa daerah memiliki suhu udara yang lembab dan panas. Hal ini membuat pertumbuhan jamur kulit makin pesat dan menyebar dengan cepat.

– Keringat berlebih: karena cuaca lembab dan panas maka kulit akan mudah berkeringat. Kombinasi ini adalah hal yang sangat disukai oleh jamur kulit penyebab panu.

– Kekebalan tubuh rendah: orang yang kurang sehat dan mempunyai tingkat kekebalan tubuh rendah pun mudah sekali terinfeksi penyakit kulit seperti panu.

Beberapa wilayah kulit yang sering jadi tempat bercokol panu adalah di wajah, leher, dada, punggung, ketiak, lipatan paha, yang sering sekali berkeringat serta lembab.

Anda bisa dengan mudah menghilangkan penyakit yang disebabkan oleh jamur itu memakai salep yang banyak dijual di pasaran, atau bahan herbal tradisional semacam lengkuas, kunyit, tea tree oil, jeruk nipis, belimbing wuluh, minyak kelapa, dan lainnya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here