otak sehat

Merawat kesehatan otak adalah hal yang penting dilakukan, agar saat usia telah beranjak tua nanti terhindar dari pikun atau bahkan Alzheimer. Sebenarnya untuk membuat organ vital itu tetap vit, tak butuh banyak biaya dan perawatan yang ruwet lho.

Ada beberapa kebiasaan dan aktifitas sederhana yang mampu menjaga otak agar selalu sehat. Apa saja? Jawabannya adalah olahraga otak. Otak bisa olahraga? Iya. Tidak hanya tubuh yang membutuhkan olahraga, otak pun juga.

Saat Anda melakukan olahraga otak maka saraf-saraf baru akan terbentuk. Ini baik bagi pencegahan gejala demensia atau kepikunan dini, juga meningkatkan kemampuan kognitif dan berpikir logis untuk memecahkan masalah.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang membantu otak untuk berolahraga dan tetap sehat:

Main puzle atau TTS

Main puzle ternyata menyimpan manfaat besar bagi otak, demikian juga mengisi teka teki silang. Sudoku termasuk di dalam olahraga otak yang merangsang kemampuan otak bekerja lebih keras. Untuk otak kanan ada catur, monopoli dan aneka game strategi lainnya.

Membaca

Jika banyak orang menyadari pentingnya membaca berbagai jenis buku untuk kesehatan otaknya, pasti perpustakaan atau toko buku tak akan pernah sepi. Membaca akan melenturkan otot otak, dan memperluas wawasan.

Belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa asing termasuk salah satu cara menyehatkan otak. Ilmu bahasa yang baru dipelajari itu akan mengaktifkan sisi bagian otak yang belum pernah digunakan sebelumnya. Aliran darah akan mengalir ke sana dan membuat otak tetap sehat.

Belajar musik

Memainkan musik dan belajar musik membuat proses penuaan otak berjalan lebih lambat. Demikian kesimpulan sebuah studi yang dilakukan oleh Nina Kraus dan dipublikasi oleh laman Live Science.

Latihan fisik

Gerakan fisik juga baik bagi kesehatan otak, karena sirkulasi darah di tubuh berjalan lebih lancar, termasuk ke organ tersebut. Anda boleh memilih latihan atau olahraga fisik apapun yang disukai, dan kerjakanlah secara rutin. Bahkan sekedar joging dan berjalan kaki selama 45 menit setiap hari sekalipun.

Ngobrol

Berbicara dengan orang lain juga mampu menyehatkan otak. Sosialisasi serta interaksi baik untuk menghindarkan diri dari gejala penyakit Alzheimer.

Nah, tak mahal bukan untuk tetap mempertahankan kesehatan otak Anda.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here