Loading...
Lifestyle

7 Makanan Ini Cepat Sekali Naikkan Asam Lambung, Bikin Perih

es kopi

Naiknya asam lambung atau dikenal dengan istilah acid refluks kerap bikin penderitanya merasakan nyeri pada bagian ulu hati dan sensasi rasa terbakar. Umumnya, penderita penyakit ini sulit sembuh dan mudah kambuh jika mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Penyakit yang nama medisnya refluks gastroesofagus ini hanya bisa dicegah kambuhnya dengan konsumsi obat, atau menghindari makanan yang memicu naiknya produksi asam lambung.

Berikut ini 7 makanan yang harus dihindari itu, seperti dilansir laman Womanitely:

Daging dan olahannya

Mengubah pola makan dengan diet vegetarian lebih aman bagi pencernaan Anda, ketimbang tetap mengonsumsi daging dan produk olahannya. Kandungan lemak pada daging yang menyulitkan pencernaan untuk menyerap sehingga memicu naiknya asam lambung.

Gorengan

Aneka gorengan memang menggiurkan, namun efeknya buruk bagi pencernaan penderita sakit ini. Makanan ini mengandung lemak jahat dalam kadar tinggi yang tak baik untuk lambung.

Kopi

Kopi mengandung kafein yang jadi pemicu naiknya asam lambung. Sebaiknya hindari minuman dengan kafein seperti kopi dan teh agar perut Anda tetap nyaman.

Susu dan olahannya

Es krim, yogurt, mentega, susu, keju merupakan hal yang juga memicu naiknya asam lambung. Ini karena kandungan lemaknya yang tinggi dan kurang baik bagi pencernaan Anda. Jika ingin minum susu pilihlah yang rendah lemak.

Alkohol

Minuman keras dan beralkohol adalah zat yang dapat memicu naiknya asam lambung dan menimbulkan nyeri hebat.

Minuman soda

Minuman soda atau berkarbonasi mengandung asam tinggi, yang sudah jelas akan berefek buruk bagi kambuhnya penyakit asam lambung Anda. tinggalkan jika ingin tetap sehat dan tak merasa nyeri lambung.

Cokelat

Permen coklat, minuman coklat dan sejenisnya juga musuh bagi penderita asam lambung apalagi yang sudah tahap parah. Theobromine dan kafein di dalamnya memicu naiknya produksi asam lambung.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.