keriput

Keriput yang muncul di permukaan kulit tak selalu pertanda usia yang mulai lanjut, sebab ada beberapa hal lain yang juga mempengaruhi munculnya kerut-kerut halus. Tak heran jika saat ini ada orang yang walau usianya masih cukup muda namun keriput telah menghiasi beberapa tempat di wajahnya.

Penasaran hal apa saja yang menyebabkan munculnya keriput di permukaan kulit pada usia muda, berikut informasinya seperti dilansir laman Boldsky:

Sinar matahari

Adanya paparan sinar matahari yang berlebihan di permukaan kulit dapat mempengaruhi kondisinya. Apalagi sinar UVA dan UVB mampu menembus hingga lapisan dalam kulit dan merusak secara perlahan.

Polusi

Polusi udara yang berisi bahan kimia adalah penyebab terbesar terjadinya keriput. Dalam sebuah studi, diungkap bahwa wanita yang tinggal di kota mempunyai lebih banyak masalah kulit seperti keriput dan bintik hitam dibanding wanita desa.

Kurang tidur

Kurang tidur artinya kurang waktu untuk regenerasi sel kulit. Selain itu, tingkat pH kulit juga akan berubah akibat kurang istirahat.

Stres

Hormon kortisol naik jika Anda sering mengalami stres. Hasilnya, kulit akan kehilangan kemampuan menjaga kelembabannya. Kolagen alami kulit akan rusak, begitu juga serat elastin kulit.

Makanan manis

Makanan manis dan tinggi gula akan memicu penuaan dini. Ini karena gula akan merusak kolagen dan elastin yang sebenarnya sangat berpengaruh pada kondisi kulit.

Kontraksi otot

Ekspresi berlebihan yang Anda lakukan, misal tertawa keras, marah, cemberut, akan membuat otot wajah berkontraksi. Ini jika terjadi terus menerus maka membuat keriput muncul.

Kulit kering

Kulit yang kering akan sulit mempertahankan elastisitas dan memicu mudahnya kerut muncul.

Merokok

Rokok memiliki ratusan bahkan ribuan zat kimia berbahaya yang mempengaruhi kesehatan kulit dan elastisitasnya. Penyempitan pembuluh darah yang terjadi membuat wajah kurang dialiri darah berisi oksigen, sehingga kerut mudah muncul.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here