Loading...
Berita

Ada Isu Reshuffle Jilid 3, Ini Nama Menteri yang Tetap Aman


Isu reshuffle kembali berhembus dan menguat. Bahkan, muncul pula dugaan siapa saja menteri yang akan digantikan oleh wajah-wajah baru.

Tak mudah memang untuk menebak siapa yang bakal bertahan dan siapa yang bakal dilengserkan. Namun, Direktur Eksekutif Kelopmok Diskusi dan kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio, punya pendapat berbeda.

Menurutnya, sangat mudah menebak siapa saja menteri yang bakal kena reshuffle. Sebab, jika memang Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merombak kembali susunan kabinet, tujuannya adalah untuk memperkuatnya dalam Pilpres 2019.

“Bila kali ini jadi reshuffle kabinet, tujuannya cuma satu, membuat tim tangguh untuk mengantarkan Jokowi jadi presiden dua periode. Artinya, menteri-menteri yang mungkin dinilai Presiden kesulitan memberikan kontribusi untuk memuluskan langkah ke periode kedua harus siap-siap angkat koper,” jelas Hendri, Kamis (13/7/2017), dilansir detik.com.

Baca Juga:  Posting Foto Jokowi Duduk Santai Bareng Jubir HTI, Ini Penjelasan Fahri Hamzah

Menurut Hendri, ada tiga kontribusi menteri yang sangat diharapkan Jokowi untuk membentuk tim tangguh. Pertama, tentu saja soal janji kampanye. Jokowi ingin para menteri mampu membantu realisasi janji kampanye.

“Nah, ini ada kaitannya dengan infrastruktur dan perut rakyat,” terang Hendri.

Kontribusi kedua adalah soal asal partai politik. Menteri yang akan bertahan adalah mereka yang tetap mendukung Jokowi secara politik hingga dua periode.


Ketiga, menteri yang mampu meredam isu-isu politik yang kerap merugikan Jokowi. Salah satunya adalah isu yang kerap menyebut bahwa Jokowi berseberangan dengan Islam.

“Jadi, bila mengacu ke atas, akan ada menteri profesional dan menteri asal parpol yang kena ‘gebuk’ Jokowi,” lanjutnya.

Baca Juga:  Erupsi Gunung Fuego di Guatemala, Jumlah Korban Tewas Bertambah Menjadi 25 Orang

Hendri melanjutkan, menteri-menteri yang sukses jadi tim sukses kepemimpinan Jokowi dan tak menganggu citranya diprediksi aman dari reshuffle.

“Ini adalah kelompok menteri yang sudah menjadi tim sukses Jokowi sejak 2014 dan tidak mengganggu citra Jokowi. Jadi nama-nama seperti Luhut, Rini, Teten, Amran, Pratikno, Budi, Khofifah diprediksi akan aman,” tegasnya.

Meskipun terkena reshuffle, menurut Hendri, ketujuh nama ini hanya akan digeser ke posisi baru.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.