Andai CR7 & Messi Lahir di Era Ronaldo, Belum Tentu Raih 5 Ballon d’Or

Posted on

Andai CR7 & Messi Lahir di Era Ronaldo, Belum Tentu Raih 5 Ballon d'Or 2

Andai Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi lahir di era generasi sepakbola 1990-an, belum tentu mereka meraih lima Ballon d’Or seperti saat ini. Demikian yang diklaim oleh Ronaldo Nazario de Lima, legenda Brazil yang pernah tampil untuk Barcelona dan Real Madrid. Menurut Ronaldo, generasi era sebelumnya, lebih banyak menghasilkan pemain bintnag daripada era ini.

Dalam sepuluh tahun terakhir, hanya ada dua nama yang menguasai dunia sepakbola. Mereka adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang bergantian memenangi Ballon d’Or tanpa memberikan kesempatan kepada siapapun. Bukan berarti tidak ada penantang bagi keduanya. Pernah ada nama Xavi, Andres Iniesta, Wesley Sneijder, Franck Ribery, Manuel Neuer, Neymar, hingga Antoine Griezmann. Nyatanya, Messi dan Ronaldo terlalu tinggi untuk dijangkau.

Baca Juga:  Hasil Arsenal vs Everton 5-1: Ramsey Hattrick, Aubameyang Satu Gol

Hal inilah yang dikritik oleh Ronaldo Nazario. Pria yang pernah bermain untuk AC Milan dan Internazionale ini mengungkapkan, kualitas para pemain terbaik di generasinya lebih tinggi daripada era ini. Persaingan untuk menjadi pemain nomor satu pun lebih ketat. Tidak ada dominasi mutlak seperti yang dilakukan oleh Ronaldo dan Messi di era ini.

Berbicara kepada SportBild, Ronaldo Nazario menuturkan, “Di generasi saya, kompetisi jauh lebih besar dari sekarang, tanpa saya bermaksud untuk meremehkan (Lionel) Messi dan Cristiano Ronaldo.”

Andai CR7 & Messi Lahir di Era Ronaldo, Belum Tentu Raih 5 Ballon d'Or

Menurut Ronaldo, tidak adanya bintang yang setara dengan Messi dan Ronaldo, membuat dua nama ini masih bakal berkuasa di puncak singgasana pemain terbaik dunia dalam beberapa tahun ke depan. Kontras sekali dengan eranya.

Baca Juga:  Klasemen Liga Spanyol Hari Ini: Madrid Gagal Salip Valencia, Sevilla Apes

“Mereka (Cristiano Ronaldo dan Messi) akan memperjuangkan gelar pemain terbaik di dunia pada tahun-tahun mendatang. Tapi (lihatlah) di era saya, kami memiliki [Zinedine] Zidane, Rivaldo, [Luis] Figo, saya, dan kemudian Ronaldinho. Di generasi kami, menjadi pemain terbaik jauh lebih sulit.”

Tidak hanya membahas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Ronaldo Nazario juga membahas masalah Neymar di Barcelona, yang membuatnya membandingkan dengan nasib serupa yang dialaminya di Barcelona pada tahun 1997. Ronaldo Nazario pindah ke Inter Milan juga karena ketidakbecusan petinggi Barca.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi di balik transfer Neymar, mungkin ada masalah dengan presiden Barcelona, ??seperti yang terjadi pada saya,” kata Ronaldo dikutip dari Marca.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.