Angkatan Udara Angola telah menerima pengiriman dua pesawat Su-30K pertamanya, dan akan menerima sepuluh pesawat berikutnya pada awal 2018.


Hal ini disampaikan oleh Aleksandr Vorobei, deputi CEO 558 Aviation Repair Plant di Belarus, yang mengatakan kepada Sputnik pada tanggal 19 September bahwa “Pengiriman akan selesai pada awal tahun depan.”


Angola memesan 12 pesawat tempur Su-30K dalam kunjungan Deputi Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin ke Luanda, Angola, pada tahun 2013. Pengiriman awalnya direncanakan sekitar tahun 2015 namun tertunda karena adanya pekerjaan upgrade, menurut ITAR-TASS, pekerjaan modifikasi mencakup antara lain perbaikan pada radar dan sistem navigasi dan pemasangan perekam video.


Pesawat tersebut sebelumnya dioperasikan oleh Angkatan Udara India. AU India menerima 10 pesawat Su-30MK dan delapan Su-30K antara Mei 1997 dan Desember 1999, dan kemudian mengembalikannya ke Rusia setelah memesan lebih dari 200 pesawat Sukhoi Su-30MKI. Pesawat tersebut merupakan versi basic tanpa fitur seperti canard dan thrust vector control.


India sebelumnya berniat untuk meng-upgrade pesawat versi awal ini namun kemudian menggunakannya sebagai bagian dari pertukaran untuk pesawat baru. Pesawat-pesawat tersebut pensiun pada tahun 2006 dan dikirim ke 558th Aircraft Repair Plant di Baranovichi Belarus antara bulan Agustus dan November 2011 dengan status sebagai milik Irkut Corporation.


Sementara itu, Angola telah menyatakan ketertarikannya untuk menambah enam Su-30 lagi sebagai tambahan dari 12 yang telah dipesan. Hal ini disampaikan pada sebuah artikel di koran Komersant Rusia, yang pada bulan Juli tahun ini melaporkan bahwa Angola dalam perundingan awal dengan Rusia untuk pembelian pesawat bekas Angkatan Udara India. Keenam pesawat tersebut saat ini disimpan di Belarus di 558th aircraft repair plant.


Angkatan Udara Angola saat ini mengoperasikan sekitar setengah lusin Su-27, dari 18 pesawat yang awalnya dikirim. AU Angola juga memiliki pesawat Sukhoi lain seperti Su-22 dan Su-24.


Pesawat militer lain yang baru-baru ini dibeli Angola dari Rusia antara lain delapan helikopter Mi-171Sh dan 12 helikopter serbu Mi-24P yang telah di-refurbished.


Sumber : defenceweb.co.za (diterjemahkan dan diedit oleh TSM)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here