Loading...
Berita

Aroma Pelecehan Seksual di Industri Film Amerika


Pelecehan seksual (sexual harassment) kembali mencuat dalam industri perfileman Amerika. Bahkan, pimpinan organisasi penyelenggara Piala Oscar,JohnBailey, dituding melakukan sejumlah pelecehan seksual terhadap lawan jenisnya. Tiga pengakuan dari sumber anonim dilaporkan oleh media Hollywood Reporter dan Variety benar-benar menyudutkan Bailey.


Pelecehan seksual adalah segala macam bentuk perilaku yang berkonotasi atau mengarah kepada hal-hal seksual yang dilakukan secara sepihak dan tidak diharapkan oleh orang yang menjadi sasaran, sehingga menimbulkan reaksi negatif.


Pelecehan seksual dapat dilakukan seorang lelaki kepada seorang perempuan atau sebaliknya. Batasan yang sederhana adalah apabila seseorang melakukan suatu tindakan atau mengucapkan sesuatu kepada seorang lainnya yang membuat pihak yang terkena tindakan itu atau mendengarkan ucapan tersebut merasa ‘jijik’ atau menjadi tidak nyaman, tidak senang dan tidak aman, misalnya tindakan colak-colek, kata-kata ‘jorok’ dan lain sebagainya.


Kembali ke soal Bailey, pria berusia 75 tahun itu belum mengeluarkan pernyataan apapun.


Lelaki yang berprofesi sebagai sinematografer itu memimpin Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) sejak 2017.


Desember 2017, lembaga itu menerbitkan pedoman etika dan perilaku menyusul berbagai dugaan pelecehan seksual di industri perfilman Amerika Serikat.


Pengakuan yang menyeret nama Bailey pertama kali muncul secara eksklusif di majalah Variety. Setelah menerima menerima laporan tentang pelecehan seksual itu, MPAS menggelar pemeriksaan internal.
Namun lembaga itu menolak membeberkan para pihak yang terlibat dan diinvestigasi dalam pemeriksaan tersebut.


“Komite Keanggotaan mendalami seluruh dugaan yang dituduhkan kepada anggota Academy, sesuai dengan standar tingkah laku,” demikian pernyataan AMPAS. Menurut mereka setelah pemeriksaan tuntas, laporan akan diajukan kepada dewan pimpinan.


Bailey dikenal atas sejumlah karyanya antara lain: film American Gigolo, The Big Chill, dan Groundhog Day. Ia meraih anugerah khusus pengabdian seumur hidup dari Perkumpulan Sinematografer Amerika Serikat tahun 2015.


Awal Maret, Bailey berbicara dalam sebuah jamuan makan kepada para kandidat peraih Oscar tentang ‘alasan usang di balik pelecehan seksual di Hollywood’ secara cepat dilupakan.


Bailey dipilih menjadi Presiden AMPAS pada Agustus 2017 untuk periode kepemimpinan selama empat tahun menyusul tuduhan pelecehan seksual pertama yang diarahkan ke sosok penting di Hollywood itu muncul di media. Sebagai respons, AMPAS menyusun tata perilaku baru yang memperingatkan lebih dari 8000 anggota mereka.


Lembaga itu menyatakan, “Tak ada tempat bagi orang-orang yang menyalahgunakan status, pengaruh atau kekuatan mereka untuk perbuatan yang melanggar norma kesusilaan.”


Aturan itu memakan ‘korban’. AMPAS mencoret keanggotaan produser Harvey Weinstein karaena berbagai tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya selama ini.


Sejumlah ahli mengatakan bahwa berbagai bentuk perilaku pelecehan seksual yang kerap terjadi dan dikategorikan sebagai pelecehan seksual di antaranya: Tingkah laku dan komentar yang berkenaan dengan peran jenis kelamin wanita (gender harassment); Ajakan untuk kesenangan seksual yang tidak dikehendaki, dan memaksa namun tidak memiliki sanksi apapun (seductive behavior) dan Permintaan melakukan kegiatan seksual atau hal yang berhubungan dengan disertai janji atau imbalan tertentu (sexual bribery).


Sementara pelecehan sseksual terhadap perempuan di tempat kerja bukanlah suatu persoalan yang baru, tetapi sudah setua umur sejarah perempuan memasuki dunia kerja. (rot)

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.