Loading...
Berita

Babak Baru! Setya Novanto Gugat KPK dan Imigrasi



Selepas berhasil memenangkan prapreadilan melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) bakal melayangkan gugatan terhadap institusi anti korupsi tersebut.

Seperti diwartakan republika.co.id, Setnov bakal bakal menggugat KPK ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Gugatan tersebut terkait pencegahan dirinya ke luar negeri.

“Kami tadi baca informasi bahwa ada pengajuan gugatan ke PTUN. Suratnya sendiri secara resmi belum kami terima, jadi secara substansi kami belum tahu yang digugat siapa, apa hanya imigrasi atau KPK juga tergugat,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Febri menjelaskan jika pencekalan yang dilakukan oleh Ditjen Imigras terhadap pihak-pihak yang sedang menjalani proses hukum dengan KPK memiliki dasar hukum. Ia menyebutkan jika KPK memiliki kewenangan seperti yang tertera pada pasal 12 ayat 1 huruf b Undang Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Jadi pada Undang Undang KPK sangat jelas sebenarnya, KPK meminta seseorang tentu pada instansi terkait dalm hal ini imigrasi untuk tidak bepergian ke luar negeri. Sebenarnya, imigrasi menjalankan tugas undang-undang, jadi dari aspek hukum sangat kuat sebenarnya terkait dengan pencegahan ke luar negeri,” ujarnya lagi.

Pria berusia 34 tahun itu memberikan penjelasan jika saat sidang praperadilan, hakim menolak permohonan Setnov perihal pencabutan pencegahan ke luar negeri.

“Kemarin salah satu permintaam dari pihak Setya Novanto untuk mencabut pencegahan ke luar negeri tidak dikabulkan oleh hakim. Hakim mengatakan itu kewenangan administrasi pejabat yang mengeluarkannya,” kata Febri pula.


Febri yang pernah didaulat sebagai aktivis/pengamat politik paling berpengaruh pada tahun 2011 tersebut mengatakan jika pihak Imigrasi yang digugat, maka pihak Imigrasi bakal melakukan koordinasi dengan KPK.

“Tentu kami akan koordinasi karena pencegahan keluar negeri bukan hanya kepada Setya Novanto, tetapi beberapa pihak lain dalam kasus KTP elekronik dan juga dalam hampir semua kasus korupsi yang kami tangani,” ujar Febri.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.