asam urat

Saat terjadi peningkatan kadar asam dalam darah sehingga akhirnya mengkristal di bagian tubuh seperti persendian dan menyebabkan peradangan, maka kondisi itu disebut asam urat. Umumnya penderita akan merasakan nyeri saat menggerakkan sendi mereka.

Asam urat kerap disebabkan oleh pola makan dan kebiasaan tidak aktif menggerakkan anggota tubuh. Untuk membantu mengatasi tingginya kadar zat tersebut, berikut ini beberapa bahan alami yang dapat menurunkannya:

Ceri

Buah ceri memiliki kandungan zat allopurinol, yang bersifat anti inflamasi dan mampu menurunkan kadar asam urat tubuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa studi, dengan saran mengonsumsi sekira 15-20 buah ceri per hari. Bisa juga diolah menjadi segelas jus ceri.

Cuka apel

Fermentasi buah apel ini pun bersifat anti inflamasi yang dapat mengurangi nyeri sendi dan asam urat. Cara mengonsumsinya adalah campurkan 1 sdm cuka apel, madu, dan air hangat kemudian diminum pagi hari.

Pisang

Kandungan potassium dalam pisang baik untuk menurunkan zat asam urat tubuh. Potassium mengubah kristal menjadi cair dan dapat dikeluarkan melalui urine dan kotoran. Konsumsi per hari dua buah pisang untuk penyembuhan.

Jahe

Rempah jahe memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat mengurangi bengkak dan radang nyeri. Konsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat setiap pagi hari secara rutin untuk hasil terbaik.

Lemon

Minum air perasan lemon pun baik bagi kesehatan sebab ada kandungan vitamin C dan antioksidan. Keduanya bisa menetralkan zat asam urat yang berlebih dalam darah.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Sampaikan Pendapat