Loading...
Lifestyle

Bandara Internasional Dubai Panggil Penumpang Pakai Bahasa Jawa Halus

bandara dubai

”Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade …”

Bagi orang yang paham bahasa Jawa, penggalan kutipan tersebut pasti tidak asing dan mudah dipahami. Namun bagaimana jika kalimat bahasa jawa halus (krama inggil) tersebut diterapkan sebagai bahasa pengantar informasi di bandara internasional? Pastinya hal itu sangat tidak lazim.

Kalimat tersebut kurang lebih bermakna, “Permisi bapak-bapak dan ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tiga-lima-delapan menuju Jakarta akan segera …”

Namun informasi yang diucapkan dengan bahasa jawa halus itu benar-benar ada di Bandara Internasional Dubai. Disitat dari BBC, kutipan tersebut disalin dari suara informasi untuk penerbangan EK 358 dengan rute Dubai – Jakarta. Padahal, bandara ini terbilang tersibuk di dunia dengan pengunjung dari berbagai negara.

Ternyata menurut Walter Riggans selaku Divisional Vice President Emirates, penggunaan bahasa Jawa ini disengaja. Tujuannya agar penumpang yang belum paham dengan bahasa Inggris atau Arab mudah mengerti dan bisa segera masuk ke dalam pesawat.

‘Ini supaya penumpang di Bandara Dubai yang tidak bisa berbahasa Inggris atau Arab bisa merasa nyaman. Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan, sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang. Ini sangat membantu mempercepat proses naik pesawat,” katanya.

Oleh Emirates, jenis bahasa Jawa yang dipakai harus berjenis jawa halus atau krama inggil. Jawa halus sering digunakan oleh orang Jawa untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau untuk menghormati lawan bicara. Selain di Bandara Internasional Dubai, bandara lain yang telah memasukkan bahasa Jawa  ke dalam sistem suara informasi adalah Bandara Adisucipto Yogyakarta mulai 17 Juli lalu.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.