Barca Bikin Harga Messi Selangit Biar Tragedi Neymar Tak Terulang

Barca baru saja menaikkan klausul pemutusan kontrak Lionel Messi setinggi langit. Memang tidak sampai angka milik Cristiano Ronaldo yang mencapai 1 miliar Euro. Tetapi jumlah 700 juta Euro jelas dipilih Barcelona untuk membuat tragedi Neymar musim panas ini tidak terulang lagi.

Barcelona sebelumnya begitu yakin tidak akan kehilangan Neymar ketika menetapkan klausul sebesar 222 juta Euro. Pasalnya, meski bursa transfer sedang gila-gilaan, belum pernah ada klub yang berani membayar bahkan dalam kisaran 150 juta Euro. Kala itu, rekor transfer dipegang oleh Paul Pogba dengan 105 juta Euro, disusul Gareth Bale dengan 100 juta Euro.

Namun PSG menghancurkan semua batasan. Klub Paris berani membayar klausul yang ditetapkan Barcelona. Bahkan mereka juga kemudian membeli Kylian Mbappe dengan harga 180 juta Euro. Jelas, langkah PSG menabrak prinsip ‘tabu’ ini bakal diikuti klub-klub elite lain.

Saat ini ada Manchester United dari Liga Inggris yang tampak begitu leluasa menembak siapapun dengan harga selangit. Klub-klub Premier League lain juga bergerak. Sementara Real Madrid yang diam pada bursa transfer 2017 tentu punya uang belanja yang berkali lipat sekarang.

Oleh karenanya, harga 700 juta Euro adalah harga protektif Barca untuk Messi. Jelas bakal menjadi kegilaan tersendiri jika sampai PSG atau MU, hingga Manchester City langsung meloncatkan harga hingga tiga kali lipat rekor transfer yang sekarang.

Barca Bikin Harga Messi Selangit Biar Tragedi Neymar Tak Terulang 6

Hal ini yang disampaikan oleh pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Katanya, “Saya bukan ahli di bidang klausul, biarlah waktu yang menjawab apakah klausul tersebut tinggi atau rendah.”

“Tapi jika kita melihat yang terjadi dalam kasus Neymar, saya menebak segalanya berkisar pada hal tersebut (agar tidak terulang). Banyak orang berkata, tidak ada satupun klub yang bakal berani membayar sejumlah itu, tapi mereka (PSG) nyatanya berani dan bisa.”

Josep Maria Bartomeu, presiden Barcelona, memberi jawaban yang lebih diplomatis, “Kontrak baru Messi ini segaris dengan situasi saat ini, di dunia sepakbola yang dengan cepat berubah. Klausul pemutusan kontrak tersebut harus dimodifikasi, dari 300 juta Euro menjadi 700 juta Euro.”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here