Bayi Jangan Diberi Minum Air Putih, Ini Alasannya

Posted on

bayi emut jari

Kebiasaan memberikan minum air putih atau makanan semisal pisang dan bubur kepada bayi di bawah usia enam bulan sebaiknya tidak lagi dilakukan. Walau air putih sangat baik bagi orang dewasa, namun itu akan berbahaya bagi bayi.

Menurut para ahli, bayi di bawah usia enam bulan yang diberikan minum air putih jumlah banyak dan makanan selain ASI bisa menyebabkan kematian.

Alasannya, air putih akan menurunkan kadar natrium dalam tubuh bayi, sehingga nutrisi yang masuk sulit dicerna dan diproses di saluran pencernaannya.

Dilansir laman Dailymail Rabu (3/1/2017), hal ini bisa memicu kejang, koma, hingga kematian.

Usia enam bulan pertama seorang bayi sebaiknya hanya diberi ASI, atau susu formula jika ASI tidak mungkin diberikan, demikian menurut Danielle Stringer, perawat dari Childnurse.com.

Baca Juga:  Awas, 6 Makanan Ini Bisa Picu Penyakit Diabetes Melitus

Senada dengan pendapat Stringer, American Academy of Pediatrics juga menyarankan demikian.

“Tubuh bayi akan mencoba melakukan kompensasi berlebihan dengan membiarkan sel-sel menyerap lebih banyak air, yang akan menyebabkan pembengkakan di seluruh tubuh, termasuk di otak, yang bisa mengakibatkan kejang, koma, atau kematian otak,” jelas Stringer.

Bayi tak membutuhkan asupan air putih sebab pada ASI sudah mengandung 88 persen air. Bayi tidak akan mengalami dehidrasi selama sang ibu bisa mencukupi kebutuhan ASI untuk bayinya.

Susu formula yang terlalu encer atau kental pun tidak disarankan, sebab tubuh bayi akan bermasalah.

“Jika orang tua memberi susu formula encer, bayi tidak mendapatkan kalori dan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang,” tandasnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.