Loading...
Lifestyle

Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing Dapat Terjadi Akibat Faktor Ini

bibir sumbing

Kondisi bayi yang lahir dengan bibir sumbing atau disebut cleft lip lebih besar kemungkinan dialami oleh bayi pria ketimbang wanita, demikian menurut penelitian. Proses terjadinya kelainan tersebut umumnya berlangsung pada masa trimester pertama kehamilan ibu.

Cleft lip terjadi akibat terbentuknya celah pada bibir atas di langit-langit rongga mulut (cleft palate) karena proses pembelahan sel yang tidak sempurna. Kelainan ini bisa dideteksi melalui USG sejak bayi masih dalam kandungan.

Ada beberapa faktor yang disebut menjadi pemicu terjadinya bibir sumbing, walau penyebab utamanya tetap saja masih misteri. Berikut ini faktor yang memicu kelainan tersebut, seperti dilansir laman klikdokter:

Baca Juga:  Waduh, 8 Makanan Ini Paling Banyak Terpapar Pestisida

Genetik

Jika dalam keluarga ada riwayat bibir sumbing, maka potensi keturunan atau keluarga dekat mengalami hal sama cukup besar. Kondisi ini dapat diwariskan dalam gen.

Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan saat ibu sedang hamil juga berpengaruh pada kondisi janin. Misalnya kebiasaan merokok, minum alkohol, narkotika dan hal tidak sehat lain.

Kurang asam folat

Kebutuhan gizi ibu hamil lebih besar ketimbang wanita yang tidak hamil. Jika kurang gizi maka janin tidak berkembang dengan semestinya, dan bisa berakhir dengan kondisi cacat. Salah satunya adalah asam folat.

Diabetes

Apakah ibu memiliki riwayat penyakit diabetes? Dalam penelitian diungkap bahwa wanita berpenyakit diabetes punya risiko melahirkan anak dengan bibir sumbing.

Baca Juga:  Sederet Tips Ampuh Kendalikan Diri Konsumsi Makanan Manis

Jika sudah terjadi dan bayi lahir dengan bibir sumbing, jangan putus asa sebab saat ini sudah banyak cara memperbaiki kelainan tersebut dengan operasi.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.