pendingin udara

Sejuknya hawa udara di ruang berpendingin udara (AC) tidak lantas menjadikan Anda bebas dari masalah kesehatan. Ada sejumlah risiko yang mungkin mengintai tanpa permisi. Risiko kesehatan ini lebih berpeluang dialami oleh orang yang secara rutin mendapatkan paparan AC baik di ruang AC, mobil, atau tempat lain yang diaktifkan AC di sana.

Dikutip dari laman Merdeka, berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul akibat paparan AC:

Kulit menjadi kering. Penyebabnya yaitu udara dingin dari AC membuat uap air di ruangan akan terhisap. Akibatnya kulit menjadi cenderung kering. Jika terlalu kering kulit, maka dapat terlihat mengeriput.

Sakit kepala. Kadang orang yang tidak kuat dengan udara AC akan mengalami sakit kepala hingga masalah pernapasan. Orang yang memiliki alergi dingin mungkin lebih sering bersin. AC yang jarang dibersihkan juga dapat menyebarkan bibit penyakit.

Penyakit semakin memburuk. Lingkungan ber-AC memungkinkan orang dengan penyakit hipertensi, arthritis, dan gangguan penyakit tertentu lainnya justru lebih parah. Konsultasikan pada dokter jika Anda memiliki penyakit tertentu saat harus berada di ruangan ber-AC cukup lama.

Gampang lelah. Udara AC yang disetel cukup dingin dapat memicu tubug menggigil dan kaki gemetar. Keadaan seperti ini membuat tubuh mudah lelah.

Kekebalan tubuh menurun. AC bisa membuat imunitas menurun. Akibatnya seseorang menjadi lebih mudah sakit. Jika Anda sering berada di ruang ber-AC, usahakan cukup minum agar tidak dehidrasi. Selain itu usahakan dalam satu satu ada sebagian besar waktu yang tidak dihabiskan di ruang ber-AC. Misalnya jika di kantor sudah terpapar udara AC, maka di rumah sebaiknya tidak menggunakannya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here