Foto Wakil Ketua DPR Fadli Zon dengan patung tokoh komunis asal Rusia, Lenin, ramai dibahas di media sosial. Fadli pun mengungkap alasan dia berfoto bersama patung itu dan menyebut Lenin sebagai ‘kamerad’.


Fadli berpose dengan patung Lenin pada 2002 di museum patung lilin Madame Tussaud, London, Inggris. Dia mengaku tidak cuma berfoto dengan Lenin, tapi juga dengan tokoh lain, di antaranya Mahatma Gandhi.


“Kenapa ada foto dengan Lenin? Ya saya suka saja, karena saya kan memang mempelajari. Saya mempelajari Lenin, saya mempelajari Stalin. Saya kan (kuliah) sastra Rusia,” ucap Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (25/9/2017).


Fadli kemudian mengunggah foto itu di Facebook dengan memberi caption ‘Dengan Kamerad Lenin di Madame Tussaud’. Dia lalu menjelaskan makna ‘kamerad’ yang disematkan ke Lenin.


Fadli Zon Ungkap Alasan Foto Bareng 'Kamerad Lenin'

Foto Fadli Zon yang beredar di Twitter


“Kamerad itu kan artinya, ada juga dalam bahasa Rusia, itu tabaris/tawaris, tapi kamerad itu ya seperti ‘bung’ gitu,” ucap Waketum Gerindra ini.


Foto lama Fadli Zon yang mendatangi Karl Max juga ramai disebarkan lagi. Dia mengaku memang punya hobi berziarah, mulai dari makam Lenin, makam nabi, hingga makam musisi.


“Karena saya datang ke situ mereka adalah orang-orang yang ada di dalam sejarah dan yang saya pelajari konteksnya. Hanya itu,” ujar Fadli.


Viral Soal Isu PKI, Fadli Zon Pernah Ziarah Ke Makam Komunis

Fadli Zon yang mendatangi Karl Max


Meski ziarah, Fadli menepis itu berarti dia mengidolakan semua tokoh tersebut. Seperti Stalin, Fadli mengaku tidak mengidolakan Stalin meski mendatangi makam dan hafal sejarahnya.


Walaupun berfoto bareng patung tokoh komunis, Fadli menegaskan dia antikomunis. “Saya antikomunis kok, saya dari dulu antikomunis. Mereka tahu dan bahkan yang ngelawan kelompok komunis saya juga salah satunya. Tapi kalau saya mempelajari itu karena bidang studi saya sastra Rusia,” tutur Fadli.


Sumber Berita Beginilah Alasan Fadli Zon Foto Bareng Patung Kamerad Lenin : Detik.com


Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here