Home / Lifestyle / Bekerja Sift Malam Bikin Wanita Lebih Besar Risiko Terkena Kanker

Bekerja Sift Malam Bikin Wanita Lebih Besar Risiko Terkena Kanker

wanita bekerja

Jam biologis manusia umumnya adalah waktu malam merupakan jadwal tidur dan beristirahat. Jika dilanggar, ada beberapa konsekwensi kesehatan yang akan terjadi. Ini tentu mengkhawatirkan bagi kaum wanita yang harus bekerja dengan jadwal sift malam.

Sebuah penelitian dari American Association for Cancer Research (AACR) mengungkap hal yang ditakutkan itu, bahwa wanita yang rutin bekerja pada sift malam risiko terserang kanker naik hingga 19 persen dibanding wanita yang tidak bekerja malam hari.

Paling rentan adalah jenis kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit, serta gastrointestinal.

Bahkan pada penelitian tersebut dikatakan profesi perawat jadi yang paling besar risiko mengalami kanker payudara, dengan angka prosentase mencapai 58 persen mengembangkan penyakit tersebut.

Perawat yang sering berganti sift malam juga rentan sampai 35 persen mengalami kanker gastrointestinal dan 28 persen kanker paru-paru.

“kami menemukan bahwa shift malam dikaitkan positif dengan beberapa kanker umum pada wanita,” kata Xuelei Ma, PhD, ahli onkologi Sichuan University yang melakukan pnelitian tersebut.

Ia pun menekankan perlunya program perlindungan kesehatan bagi pekerja shift malam.

Mengapa kanker lebih rentan dialami oleh pekerja wanita yang rutin sift malam? Karena malam hari adalah saat tubuh meregenerasi sel-sel nya. Jika Anda tidak tidur, maka terjadi ketidakseimbangan hormon serta metabolisme tubuh terganggu.

Alhasil muncul banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah kanker.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.