Vitamin-B12_155851100

Vitamin B12 termasuk jenis yang banyak dibutuhkan oleh tubuh dan perannya tak boleh diremehkan. Fungsinya paling dominan adalah untuk kesehatan saraf dan mencegah anemia atau kurang darah.

Selain itu, Studi Klinis 2018 NENOIN (Penelitian Non-intervensi dengan vitamin neurotropik) mengungkap beberapa manfaat lain dari vitamin tersebut. Penelitian yang juga didukung PT Merck Tbk, melalui brand Neurobion itu ingin masyarakat paham lebih jauh mengenai manfaatnya.

Berikut paparan Prof. Dr. Rima Obeid di Saarland University Hospital, Jerman, terkait apa keuntungan mengonsumsi vitamin B12.

Membentuk DNA

Pada proses pembentukan DNA, dibutuhkan vitamin B12 yang juga menyokong pembentukan darah. Jika terjadi anemia maka proses pembentukan DNA normal pun terganggu.

Kesehatan saraf

Pada fungsi sel saraf, juga metabolisme saraf sangat diperlukan vitamin tersebut untuk menunjang pelepasan atau pergerakan energinya. Jika kurang maka sel saraf akan sulit memperoleh energi.

Metabolisme lemak

Jika kebutuhan lemak tercukupi maka penghantaran listrik di sel saraf berjalan baik. Tak heran apabila kekurangan B12 maka dapat memicu depresi, mood disorder, demensia hingga neuropati.

Cegah masalah kognitif anak

Saat ibu sedang hamil maka pemenuhan vitamin ini perlu dicukupi. Vitamin B12 dapat mencegah janin mengalami masalah kognitif dan kemampuan berpikir. Jika kurang maka anak mudah rewel.

Tentu tak hanya vitamin B12 saja yang dibutuhkan melainkan juga B1 dan B6 serta vitamin lainnya. Ini agar seluruh fungsi tubuh berjalan normal dan sesuai kebutuhan.

Loading...

Sampaikan Pendapat