Cara Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat dan Nyaman

Posted on

tulang rapuh

Tulang belakang sangat penting fungsinya bagi manusia. Apabila Anda merasa ada rasa nyeri atau hal yang tidak nyaman dengan tulang tersebut, segera pastikan bahwa kebiasaan sehari-hari Anda sudah tepat bagi kesehatannya.

Ada banyak aktifitas yang ternyata cukup rentan terhadap kesehatan tulang belakang. Misalnya mengangkat benda berat, duduk di depan meja kerja terlalu lama, mengemudi kendaraan, bahkan posisi tidur yang tidak tepat bisa berpengaruh terhadap tulang penyangga tubuh tersebut.

Untuk membuat tulang belakang tetap terjaga dan nyaman, berikut ini 4 cara mudahnya:

Posisi duduk yang benar

Kursi yang nyaman seharusnya bisa membantu menyangga tulang belakang dengan baik. Biasanya  posisi penopang lumbal (pinggang) dan penopang lengan, ada pada kursi kerja. Kursi yang bisa memutar pun sangat disarankan agar Anda tak perlu memutar tubuh saat mengambil sesuatu.

Baca Juga:  Resep Es Buah Segar dan Praktis Tanpa Pakai Gula

Gunakan tas yang ringan

Jangan paksa tulang punggung menyangga beban berat. Gunakan tas yang ringan saja, atau gunakan tas beroda. Dengan demikian kondisinya bisa tetap terjaga dan sehat.

Saat mengemudi, ambil posisi terbaik

Jika harus duduk dalam waktu lama, gunakan bantal untuk menyangga punggung agar tidak kaku. Sesekali renggangkan punggung sehingga aliran darah tetap lancar. Beristirahat dalam rentang waktu beberapa jam di perjalanan, sangat dianjurkan. Bantal untuk alas duduk pun perlu dipertimbangkan, sebagai peredam getaran.

Posisi Tidur

Posisi tidur saat miring, diikuti dengan menekuk lutut ke arah dada. Bantal yang digunakan harus membuat posisi kepala sejajar tulang belakang. Jangan pakai bantal terlalu tinggi hingga leher menekuk.

Baca Juga:  Resep Donat Kentang yang Mudah Dibuat dan Empuk, Bisa Untuk Pizza Juga

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.