Tiongkok menampilkan versi baru dari helikopter serang Z-19 pada acara pameran China Helicopter Exposition (CHE) yang diselenggarakan di Tianjin Tiongkok tanggal 14 hingga 17 September 2017.


Helikopter tempur Z-19 yang disempurnakan itu dilengkapi dengan radar gelombang milimeter (millimeter wave radar), yang terlihat sangat mirip dengan radar fire control AN/APG-78 Longbow pada helikopter AH-64D/E buatan Amerika Serikat.


Z-19 dirancang dan dikembangkan oleh Tiongkok terutama untuk misi pengintaian dan penyerangan.


“Z-19 sedikit lebih ringan dari Z-10 dimana Z-10 lebih mampu melakukan banyak hal. Z-19 dan Z-10 memiliki fitur yang berbeda, tapi secara keseluruhan, keduanya memiliki ragam senjata yang sama untuk misi serang. Z-19 mampu melakukan misi pengintaian serta serang udara-ke-udara dan udara ke darat pada siang dan malam hari,” kata Jin Jiangcheng, anggota tim aerobatik Fenglei. Tim aerobatik Fenglei merupakan tim aerobatik helikopter Angkatan Darat Tiongkok yang menggunakan antara lain helikopter tempur Z-10 dan Z-19.


Para narasumber mengatakan bahwa Z-10 AD Tiongkok juga akan ditingkatkan dengan pemasangan radar gelombang milimeter. Tiongkok menjadi negara ketiga di dunia yang telah melengkapi helikopter tempur buatannya dengan radar gelombang milimeter semacam itu, setelah AS dan Rusia.


Sumber : defence-blog.com (diterjemahkan dan diedit oleh TSM)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here