Home / Lifestyle / Dampak Buruk Tidak Sikat Gigi di Malam Hari

Dampak Buruk Tidak Sikat Gigi di Malam Hari

malas gosok gigi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan rutin menyikat gigi malam hari sebelum tidur. Idealnya, membersihkan gigi geligi dilakukan dua kali setiap hari, yakni pagi hari usai sarapan dan malam sebelum tidur.

Ternyata, dampak dari tidak membersihkan gigi sebelum tidur cukup besar lho. Hal ini sering diremehkan, apalagi bagi Anda yang menganggap gosok gigi cukup dilakukan satu kali setiap hari.

Menurut Chief Dental Officer of DentalCorp Dr. Gary Glassman, jika seseorang melewatkan gosok gigi malam hari maka bakteri akan berkembang pesat di dalam mulut.

“Jika kamu melewatkan kebiasaan sikat gigi malam hari sekali saja, kamu akan membuat kebiasaan buruk mengembangkan banyak bakteri di dalam mulut,” tegas Gary.

Memang lebih sering orang berfikir untuk sikat gigi di pagi hari saja, sekaligus mandi dan membersihkan tubuh. Padahal saat malam hari penting sekali kita membersihkan gigi karena kotoran pasti banyak yang menyelip akibat aktifitas makan seharian.

Jika gigi dan rongga mulut kotor, maka pH mulut akan jadi lebih asam dan memudahkan plak untuk terbentuk.

Saat pH asam, bakteri juga berkembang biak dengan pesat serta merusak gigi. Kondisi ini memicu kerusakan gigi dan menimbulkan bau mulut.

“Jika lupa sikat gigi malam hari sekali saja, hal ini memang tidak berpengaruh banyak pada gigi dan kesehatan mulut, tapi penting untuk tidak menjadikan hal buruk ini kebiasaan,” jelasnya.

Gigi yang rusak akibat bakteri bisa memicu masalah kesehatan lain termasuk sakit jantung.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.