_97874006_aac8662f-be23-4707-a1ad-71aa5bed8072

Bunga bangkai terbesar di dunia berhasil ditemukan dalam hutan Cagar Alam Bukit Bungkuk, Riau, yang mempunyai ukuran tinggi sampai 4,3 meter. Padahal rekor dunia sebelumnya mencatat bunga bangkai terbesar dunia jauh lebih kecil dari ukuran tersebut.

Bunga bangkai yang jenisnya masuk dalam amorphopallus giga itu dijumpai pertama kali oleh dua orang polisi hutan (polhut) pada 13 September 2017 lalu. Mereka bekerja di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

bunga bangkai

Para polhut tersebut mengetahui keberadaan bunga bangkai akibat aroma yang dikeluarkan berhembus jauh. Keduanya pun berkemah di dekat lokasi bunga untuk mendokumentasikan saat mekarnya, yakni Jumat (15/9/2017).

Dilansir laman BBC Indonesia, Minggu (24/9/2017) petugas polhut yang mengukur dengan alat ukur manual mencatat bahwa tinggi bunga yang hanya mekar dua hari itu adalah 4,3 meter.

Sementara dalam Guiness Book of Record di New Hampshire, AS, tahun 2010 bunga bangkainya hanya setinggi 3,1 meter.

Menurut Bintang Hutajulu, salah satu polisi hutan yang menemukan bunga bangkai tersebut, ada tiga buah flora yang berhasil dicatat. Selain yang bertinggi 4,3 meter, ada juga lainnya di Bukit Bungkuk yang tingginya 3,3 meter.

Lokasi penemuan bunga langka tersebut jauh di dalam hutan, sehingga hanya sedikit orang yang berhasil mencapainya. Tercatat 40 orang yang terdiri dari rombongan jurnalis, pejabat lingkungan di Riau serta polisi hutan yang sampai ke lokasi dan menjadi saksi bunga bangkai terbesar di dunia tersebut.

Bunga bangkai disebut langka karena jumlahnya yang sangat sedikit, butuh waktu bertahun-tahun untuk tumbuh dan persiapan mekar, sementara waktu mekarnya hanya dua hari saja.

Pic: Getty Images/Nurphoto

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here