Loading...
Lifestyle

Di Yogyakarta Kaum Pria yang Mau Ber KB Dapat Rp1 Juta

vasektomi

Pria yang bersedia menjalani program KB vasektomi akan mendapatkan insentif sebesar Rp1 juta dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Program ini dilaksanakan guna mendorong keikutsertaan para lelaki yang selama ini dianggap masih rendah.

Pemberian insentif ini sudah sejak tahun 2016 dilakukan oleh Pemkot DIY, sebab selama ini anggapan umum adalah wanita yang seharusnya menjadi peserta KB aktif.

“Sudah sejak tahun lalu kami memberikan insentif kepada lelaki yang mengikuti KB dengan metode operasi pria (MOP),” jelas Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Yogyakarta Eny Retonowati, seperti dilansir laman Antara, Minggu (28/5/2017).

Untuk mendorong naiknya peserta KB pria, sosialisasi pun telah dilakukan oleh pihak terkait termasuk lewat kelompok KB lelaki yang sudah dibentuk.

“Biasanya, sosialisasi dilakukan melalui pagelaran seni tradisional,” lanjut dia.

Pria yang enggan menjalani program KB vasektomi umumnya disebabkan oleh ketakutan yang tak beralasan. Sosialisasi dilakukan untuk memberi informasi yang benar tentang KB jenis MOP agar ketakutan itu bisa sirna.

Baca Juga:  Tujuh Kebiasaan Paling Umum dari Hubungan Asmara yang Sehat

Walau sudah diberi insentif yang menggiurkan, sosialisasi juga terus dilakukan, namun masih cukup banyak pasangan usia subur di Yogya yang belum jadi peserta KB.

Akibatnya angka pertumbuhan penduduk di kota pelajar tersebut cukup tinggi, yakni 2,1 %. Memang masih di bawah rata-rata nasional namun bila tak dilakukan pengendalian dikhawatirkan terjadi peningkatan dimasa mendatang.

“Namun, jika tidak dilakukan pengendalian, maka angka tersebut bisa terus meningkat,” tandas Eny.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.