Loading...
Berita

Dituding Tolak dan ‘Usir’ Pengungsi Rohingya, Begini Klarifikasi dari Yasin Limpo


Syahrul Yasin Limpo, Gubenur Sulawesi Selatan akhirnya angkat bicara terkait beredarnya video yang menyebutkan dirinya menolak kehadiran para pengungsi Rohingya di Sulsel dan meminta etnis itu untuk pulang ke negaranya.

Yasin Limpo menyebutkan jika pernyataan yang terdapat di dalam video tersebut beda konteks apabila dikaitkan dengan situasi yang terjadi di Myanmar saat ini.

“Video itu konteksnya beda jauh jika dikaitkan dengan situasi terkini di sana (Rohingya). Video itu kan diambil beberapa bulan lalu, kemudian juga ada beberapa situasi yang menyebabkan kenapa sampai saya mengeluarkan pernyataan tersebut,” tegas Yasin Limpo di Warkop Legacy, Jalan Onta Lama, kemarin, seperti yang diwartakan oleh Jpnn.com

Baca Juga:  Jika Ada yang Bilang Umat Islam Ingin Ganti Pancasila, Ketua MPR: Itu Gombal

Gubenur dua periode itu juga menambahkan jika saat itu ia mendapatkan laporan terkait aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para pengungsi Rohingya yang hampir ricuh dengan pihak yang berwajib. Dan saat itu aksi yang dilakukan dinilai telah melanggar ketentuan.

“Sebelumnya kan saya mendapat laporan jika aksi unjuk rasa mereka (para pengungsi) hampir ricuh dengan aparat kepolisian yang mengawal aksi. Sehingga saat saya ditanya soal para pengungsi tersebut, spontan saja saya jawab kalau saya tidak senang dengan mereka, sebab kita sudah fasilitasi dengan fasilitas terbaik, kok malah tidak mau ikut aturan kita. Jadi maksud saya, ngapain mereka datang ke Sulsel kalau hanya mau bikin rusuh. Kekhawatiran saya kan jangan sampai mereka memicu konflik juga di sini,” ungkap beber Syahrul lebih lanjut.

Baca Juga:  Nilai ada Kementerian Kerja Lelet, Relawan Pendukung Jokowi Ajukan Tokoh Ini Jadi Menteri

Dan Yasin Limpo menyebutkan jika saat itu pihaknya tengah mempersiapkan tamu VIP di Sulsel, sehingga muncul kekhawatiran citra akan tercoreng jika aksi unjuk rasa sejumlah warga Rohingya itu ricuh besar. Dan yang dimaksud Yasin Limpo bukan hanya pengungsi Rohingya saja, juga berlaku untuk pengungsi lainnya.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.