12-essential-oil-uses

Esensial oil dikenal sebagai minyak yang kaya manfaat dan ampuh, tidak saja untuk menjaga kecantikan namun juga untuk kesehatan. Pemakaiannya tidak sembarangan, sebab untuk mendapatkan manfaat yang maksimal Anda harus mencampurkan carrier oil atau minyak pelarut sebagai pengencer.

Berikut ini beberapa fakta mengenai esensial oil yang perlu diketahui, agar dalam pemakaiannya tidak terjadi kesalahan:

Minyak berkonsentrasi tinggi

Minyak esensial dibuat dari beberapa tumbuhan atau bagian tumbuhan semisal daun, batang, biji, dan bunga. Ekstrak bahannya membuat minyak ini sangat tinggi konsentrasi (kepekatan) nya. Untuk satu pon minyak esensial mawar misalnya, bisa terbuat dari 5.000 – 10.000 kelopak mawar. Tak heran jika harga minyak ini satu botol kecil saja bisa menjadi sangat mahal.

Pakai sesuai aturan dan takaran

Untuk jenis minyak esensial yang berbeda, ada aturan pakai yang harus ditaati. Jangan gunakan melebihi takaran dan aturan sebab bisa menimbulkan masalah misalnya alergi atau ruam dan gatal. Jika dipakai sebagai aromaterapi, pemakaian berlebihan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, mual, dan pusing.

Beberapa jenis esensial oil juga membawa sifat photosensitive atau sensitif jika terkena sinar matahari. Hasilnya jika kulit Anda yang telah diolesi minyak esensial itu terpapar panas matahari akan menyebabkan sunburn bahkan hiperpigmentasi. Biasanya terjadi pada minyak orange, lime, lemon, grapefruit dan bergamot.

Gunakan minyak esensial sesuai peruntukkan agar tidak menjadi kerugian pada diri Anda sendiri.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here