Fadli Zon Teken Surat Penundaan Pemeriksaan Novanto Menuai Kritikan


Ada kritik untuk Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang meneken surat permintaan penundaan pemeriksaan tersangka kasus e-KTP Setya Novanto. Kritik itu datang dari aktivis antikorupsi Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari.


Apa yang dilakukan Fadli Zon, walau untuk alasan kemanusiaan, dinilai Feri amat tak pantas. Bukankah semestinya pengacara Novanto yang mengajukan surat permintaan penundaan ke KPK, bukannya DPR.


“Ini langkah intevensi politik dengan menyalahgunakan posisi lembaga negara,” beber Feri Amsari, Rabu (13/9).


Fadli Zon dan Setya Novanto

Fadli Zon, Fahri Hamzah dan Setya Novanto (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)


Feri menjelaskan, lewat surat, DPR memperlihatkan bahwa DPR mencoba menarik isu dari kesalahan individu anggota DPR menjadi permasalahan institusi.


“Tindakan mengirim surat penundaan pemeriksaan Setya Novanto yang juga ketua DPR itu dengan atas nama DPR, telah membongkar kedok langkah-langkah DPR mengkritisi KPK melalu pansus angket dan Komisi III. Dan ternyata adalah bagian dari tindakan-tindakan untuk melindungi individu ketua DPR dari segala proses hukum yang sedang ditangani KPK,” beber dia.


KPK sendiri memberi respons atas surat dari DPR itu. Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan KPK sudah menerima surat yang disampaikan oleh Kepala Biro Pimpinan Kesekjenan DPR Hani Tahapsari yang berisikan permintaan penundaan pemeriksaan terhadap Novanto.


Image result for aktivis antikorupsi Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari

Aktivis Antikorupsi Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari


“Pertama, proses hukum akan terus berjalan. Kita hormati proses praperadilan tersebut dan secara paralel penyidikan tetap kita lakukan. Yang kedua, surat yang kita terima ini tentu akan kita pelajari,” ujar Febri.


Terkait isi surat tersebut, ada sekitar 4 poin yang menurut KPK terkait proses sidang praperadilan Novanto yang sudah diagendakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam poin keempat pun disinggung soal Novanto yang penuhi panggilan KPK yang dilayangkan pada dirinya.


“Jadi itu disebutkan di surat itu dan SN (Novanto) memohon pada pimpinan DPR untuk menyampaikan surat pemberitahuan pada KPK tentang langkah praperadilan tersebut dan melakukan penundaan pemeriksaan kepadanya,” ujarnya.


Image result for aktivis antikorupsi Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari

Aktivis Antikorupsi Universitas Andalas (Unand)


Sumber Berita Fadli Zon Teken Surat Penundaan Pemeriksaan Novanto Menuai Kritikan : Kumparan.com


Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here