Loading...
Lifestyle

Fakta Tentang Sakit Fibromyalgia Yang Dialami Lady Gaga

fibromyalgia-image-cover1

Lady Gaga sedang mengidap penyakit yang bernama fibromyalgia, yang membuatnya harus membatalkan sejumlah pertunjukkan dan tur. Ia mengaku telah berjuang selama lima tahun belakangan ini untuk sembuh. Apa sebenarnya fibromyalgia itu?

Penderita penyakit tersebut akan mengalami rasa nyeri berkepanjangan di beberapa bagian atau seluruh tubuhnya. Selain nyeri, gejala lain adalah terjadi peningkatan sensitivitas pasien terhadap nyeri.

Dilansir laman NHS, pasien penyakit fibromyalgia umumnya juga mengeluhkan rasa lelah yang lebih dari biasa, beberapa mengalami otot kaku, juga sakit kepala dan insomnia.

Gejala lain adalah irritable bowel syndrome serta sulitnya mengingat juga berkonsentrasi. Kondisi nyeri yang mereka alami ini levelnya jauh lebih parah dari pada orang normal.

“Nyeri dan masalah yang terdapat pada fibromyalgia umumnya leih buruk dari kondisi nyeri kronis lain,” ungkap profesor University of Michigan, Dr Daniel Clauw dikutip dari WebMD.

Kondisi ini jelas menyulitkan penderita dalam menjalani berbagai aktifitas keseharian mereka, sebab tubuhnya akan melemah dan aktifitasnya terbatas.

Baca Juga:  Ini Fitur Keren yang Melengkapi Toyota Rush Terbaru

Untuk bekerja dan hidup normal pun fibromyalgia cukup jadi penghalang, demikian tutur Direktur Center for Integrative Pain Neurolmaging di Massachusetts General Hospital, Dr Marco Loggia.

Walau penyakit ini tidak banyak penderitanya, jumlah mereka sekira empat persen dari populasi dunia dan sebagian besar dialami perempuan, namun harus disikapi serius.

Apalagi penyebabnya hingga kini masih belum pasti diketahui, sebagian ahli menyebut ada faktor pemicu seperti traumatis dan paparan terhadap cedera yang berulang terjadi.

National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases bahkan menyatakan penyakit ini tak bisa total disembuhkan. Terapi pengobatan yang dijalani memang ada, yakni terapi dengan pereda nyeri maupun obat antidepresan, terapi konseling, terapi perilaku kognitif, juga mengubah pola hidup dan olahraga ringan.

Baca Juga:  Pengusaha Pekalongan Nekat Jalan Kaki ke Mekkah Untuk Ibadah Haji

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.