Hasil Pra Piala Dunia Hari Ini Argentina vs Venezuela 1-1 a

FIFA resmi mengubah aturan drawing Piala Dunia 2018 Rusia mendatang.  Hasilnya, dalam aturan terbaru, 32 tim yang lolos ke putaran final akan dimasukkan ke dalam 4 pot, berdasarkan ranking FIFA pada bulan Oktober 2017 mendatang. Itu artinya, kemungkinan terciptanya grup neraka sejak awal bakal semakin besar.

Sebelumnya, sampai Piala Dunia 2014 di Brazil, FIFA punya aturan drawing tersendiri. Yaitu, hanya Pot 1 (pot unggulan) yang isinya adalah tujuh negara dengan ranking FIFA tertinggi, ditambah dengan negara tuan rumah. Sementara, 24 negara lain dipisahkan berdasarkan konfederasi masing-masing.

Di Piala Dunia 2014, pot 1 berisi negara unggulan, pot 2 berisi negara-negara Afrika dan Amerika Selatan (CAF dan CONMEBOL), pot 3 berisi negara Asia dan Amerika Utara-Tengah (AFC dan CONCACAF), dan pot 4 berisi negara Eropa (UEFA)

Langkah ini memudahkan FIFA untuk mengundi grup, sehingga tidak akan ada dua buah negara dari konfederasi yang sama, yang masuk dalam grup yang sama pula, kecuali UEFA yang memiliki 13 tim. Misalnya, tidak akan pernah terjadi sebuah grup yang isinya Argentina dan Brazil, sesama tim asal CONMEBOL.

Hasil Pra Piala Dunia 2018 Grup C Jerman vs Norwegia 6-0

Namun untuk Piala Dunia 2018 mendatang, semua negara akan diurutkan berdasarkan ranking FIFA pada edisi Oktober 2017, atau bulan depan. Dengan demikian, semua akan lebih acak. Namun catatannya, FIFA tetap tidak akan membuat dua negara dari konfederasi yang sama, bergabung di grup yang sama.

Terkait hal ini, tim yang dipastikan masuk pot 1 adalah Rusia sebagai tuan rumah. Berikutnya yang akan mengisi pot tersebut adalah Brazil, yang sudah dijamin bakal masuk tujuh besar ranking FIFA (mengingat jumlah poin mereka), ditambah Jerman, Argentina, Portugal, plus tiga negara lain yang belum bisa dipastikan.

Sementara itu, Pot 2 juga terdiri dari negara-negara tangguh. Setidaknya yang sudah dipastikan masuk ke pot ini adalah Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol. Dengan kasus ini saja, peluang terjadinya sebuah grup yang dimasuki Argentina-Inggris, Brazil-Spanyol, atau Jerman-Italia, cukup besar.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here