Sebuah foto yang menunjukkan Ketua DPR RI Setya Novanto tengah terbaring di rumash sakit tersebar di media sosial.

Foto ini pun dengan cepat diunggah oleh sejumlah akun dan menjadi perhatian netizen. Meski tak ada yang aneh dengan foto tersebut, ternyata mata netizen lebih jeli.

Dalam foto tersebut, Novanto tampak terbaring dengan sejumlah alat medis yang terpasang di tubuhnya. Di samping tempat tidur Novanto, tampak sang istri, Deisti Astriani Tagor menemaninya.

Selain alat bantu pernapasan yang terpasang di hidung, dan selang infus di tangannya, tampak pula alat pengukur detak jantung (elektrokardiogram) di sisi kanannya.

Anehnya, dalam foto tersebut, elektokardiogram hanya menunjukkan garis lurus yang menandakan bahwa jantung dalam keadaan tak berdetak atau seseorang dapat dikatakan meninggal dunia.

Soal foto tersebut, Ketua Harian DPP Golkar akhirnya angkat suara. Ia pun membenarkan perihal foto tersebut dan mengatakan bahwa foto ini diambil di kamar rawat Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur. “Saya juga ada fotonya, ya kan lagi sakit,” tutur Nurdin, di kawasan Senayang, Jakarta, Rabu (27/9/2017), dilansir tempo.co.

Namun, ketika ditanya perihal kejanggalan dalam foto tersebut, Nurdin enggan berkomentar. Awak media sempat menanyakan soal posisi berbaring Novanto yang tak sempurna dan terlihat setengah duduk.


Selain itu, ada pula yang mempertanyakan kejanggalan yang terlihat pada elektrokardiogram. “Masa garisnya lurus, Pak?,” tanya seorang wartawan.

“Itu komentar kalian saja,” jawab Nurdin. Merasa belum puas, wartawan pun kembali bertanya, “Kalau lurus kan mati, Pak”.

Mendapat pertanyaan ini, Nurdin hanya menjawab singkat dan mengatakan bahwa itu hanyalah persepsi para wartawan. “Ya sudah itu persepsi kalian saja. Kalian yang komentari kan boleh saja,” ujarnya.

Novanto dirawat di rumah sakit sejak 10 September 2017 lalu. Kala itu, dia dikabarkan menderita penyakit gula dan vertigo. Oleh karenanya, Novanto tak menghadiri panggilan KPK.

Begitu pula dengan panggilan kedua dari KPK yang juga tak dihadirinya dengan alasan sakit jantung, hingga foto ini beredar.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here