Loading...
Dunia Militer

Garmin D2 Pilot Watch: Inilah Smartwatch Penerbang Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU

Bagi seorang penerbang tempur yang mengawaki F-16 Fighting Falcon, tampilan parameter navigasi dan map dapat dilihat dari dua MFD (Multi Functional Display) di sisi kiri dan kanan dashboard. Namun untuk meningkatkan kesadaran situasional (situational awareness), para fighter jamak membekali dirinya dengan beragam gadget untuk menunjang misinya. Seperti belum lama GECO (Air) Panasonic Toughpad FZ M1, berupa tablet dengan OS Microsoft telah digunakan beberapa penerbang F-16 dan Hawk 209 TNI AU.

Baca juga: GECO (Air) Resmi Digunakan Penerbang Tempur TNI AU

Namun GECO (Air) Panasonic Toughpad baru tersedia 15 unit, artinya belum semua pilot tempur dilengkapi dengan perangkat navigasi personal tambahan. Nah, dalam persiapan ajang latihan bersa,a Cope West 2018 yang sedang berlangsung di Lanud Sam Ratulangi, Manado (12 – 23 Maret 2018), terekam momen menarik, bahwa salah satu penerbang tempur F-16 C/D Block52ID dari Skadron Udara 16 mengenakan jam GPS Garmin D2 Pilot Watch.

Baca Juga:  Prototipe Simulator Panser Anoa, Wahana Pencetak Pengemudi Ranpur Lapis Baja

Seperti terlihat dalam foto di bawah ini, visual layar GPS Garmin D2 memperlihatkan posisi pesawat berada di kawasan Sulawesi Utara, karena memang sang pilot sedang dalam misi menuju Lanud Sam Ratulangi.

Foto: Istimewa

Tentu kemudian yang biasa jadi pertanyaan, seperti apakah sosok jam canggih tersebut? Bila merujuk ke foto di atas, nampak yang dikenakan sang pilot F-16 adalah Garmin D2 Charlie, yang termasuk golongan smartwatch dan dijual untuk umum dengan harga Rp15 jutaan. Smartwatch ini menghadirkan database yang berguna bagi pilot, seperti radar prakiraan cuaca di seluruh dunia serta informasi mengenai bandara yang meliputi frekuensi hingga panjang landasan pacu.

D2 Charlie juga sudah dilengkapi dengan built-in sensor yang mencakup altimeter, barometer, dan kompas. Tak hanya itu, jam tangan ini juga memiliki built-in HRM Elevate 2.0 yang dapat mengukur detak jantung penggunanya. Garmin D2 Charlie dilengkapi lensa dome untuk membuat layar mudah dibaca di bawah sinar matahari langsung, dan backlight warna orange untuk penerbangan malam.

Baca Juga:  LAPAN LSU-02 NGLD: Drone Intai Maritim Generasi Terbaru, Jarak Jelajah Lebih Jauh

Baca juga: Cope West 2018 – Saatnya Indonesia dan Amerika Serikat Jajal Dog Fight F-16 C/D Fighting Falcon

Fitur-fitur dasar seperti GPS, GLONASS, serta konektivitas, USB, dan Bluetooth pun juga dimilikinya. D2 Charlie juga mumpuni sebagai sportwatch. Hal tersebut terlihat dari fitur-fitur seperti Running Dynamic dan Physiological Measure untuk olahraga lari, Swim Terminology untuk renang, serta pengukuran grind bagi para pecinta golf. Selain pilot F-16, jam pintar ini diketahui juga digunakan oleh beberapa penerbang EMB-314 Super Tucano TNI AU. (Bayu Pamungkas)

Sumber: Indomiliter.com
Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.