Loading...
Lifestyle

Gemar Makan Ayam, Ini 9 Manfaat Sehatnya

ayam krispi kecap

Hampir semua orang pernah mengonsumsi daging ayam, kecuali yang bermasalah dengan kesehatannya. Daging unggas ini memang paling mudah ditemukan dan enak dikonsumsi. Selain itu, untuk mengembang biakkannya juga bisa dilakukan dalam waktu lebih cepat dibanding kambing atau sapi.

Daging ayam, terutama adalah ayam kampung atau ayam organik memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini 9 manfaat kesehatan makan ayam yang penting diketahui, dilansir oleh laman Boldsky:

Protein

Kandungan protein dibutuhkan tubuh untuk membangun otot, sehingga tubuh jadi lebih kuat dan tidak lemas. Lemaknya membantu kerja tubuh, dan menambah berat badan serta menjaga suhu tubuh di cuaca dingin.

Anti depresan

Tahukah bahwa daging ayam juga bisa jadi anti depresan? Ini karena kandungan asam amino tryptophan nya yang berguna untuk meningkatkan produksi hormon serotonin dan memperbaiki mood.

Cegah tulang keropos

Kalsium dari tulang ayam bisa membantu mencegah pengeroposan tulang saat usia lanjut. Juga mencegah masalah persendian, agar tidak aus atau nyeri.

Kesehatan jantung

Kadar homosistein dapat ditekan dengan konsumsi daging ayam. Dengan rendahnya kadar homosistein maka jantung lebih terlindungi dari penyakit kardiovaskular.

Fosfor

Ini salah satu mineral yang ada pada daging ayam, berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Juga menyokong kerja ginjal, lever, dan sistem saraf pusat.

Selenium

Untuk sistem metabolisme tubuh, selenium dibutuhkan. Ia membantu agar kelenjar tiroid jadi lebih sehat, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem metabolisme

Ada juga vitamin B6 dalam daging ayam yang berfungsi melancarkan sistem metabolisme, sehingga lemak tidak banyak disimpan.

Niasin

Vitamin ini membantu memperkecil munculnya risiko kanker dan kerusakan DNA.

Kesehatan mata

Adanya nutrisi seperti retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene sangat baik bagi kesehatan mata.

Namun demikian konsumsi ayam juga tidak disarankan berlebihan, dan sebaiknya divariasikan dengan sumber protein lainnya seperti tahu, tempe, daging dan ikan.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.