Loading...
Dunia Militer

Hadapi Tahun Politik, Kolinlamil Siagakan Kapal Perang


Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksa TNI Yudo Margono, SE memerintahkan jajarannya untuk menyiagakan unsur-unsur kapal perangnya untuk mengantisipasi kerawanan yang mungkin timbul sebagai dampak Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 2018 ini.


Kapal perang itu dibutuhkan guna membantu dalam pergeseran personel dan material pilkada ke daerah-daerah terpencil yang tidak dapat ditempuh melalui jalur darat dan udara sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang serta tidak mencoreng netralitas TNI.


(baca: Antisipasi Ancaman Perang Masa Kini, Kolinlamil Revisi Buku Induk Tempur KRI)


“Meskipun masih ada beberapa unsur yang kita miliki telah berumur, namun tugas pokok harus tetap terlaksana dengan optimal. Oleh karena itu para komandan KRI dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam merawat dan mempertahankan kondisi tekhnis Kapal perang (KRI) yang menjadi tanggung jawabnya,” kata Pangkolinlamil Laksda TNI Yudo Margono saat menggelar apel khusus di lapangan M Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagaimana rilis Dispen Kolinlamil yang diterima redaksi Tengokberita.com, Minggu (18/2/2018).

Apel khusus yag digelar Kolinlamil di di lapangan M Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tentunya pemeliharaan dan perawatan unsur-unsur yang ada mengacu pada pola pembinaan operasi dan pembinaan administrasi berdasarkan kebutuhan operasi melalui perbaikan terencana yang mengacu pada JOP/JOG sesuai dengan dukungan anggaran Kemhan, Mabes TNI dan Mabes TNI AL.


Pada kesempatan itu, jenderal bintang dua ini mengingatkan kepada seluruh prajurit jajaran Kolinlamil untuk kembali pada tugas pokok dan visi misi Kolinlamil.


“Berangkat dari tugas pokok yaitu melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan nusantara maka Kolinlamil harus mewujudkan visi Kolinlamil yang besar, kuat dan profesional yang mampu melaksanakan pemindahan strategis, taktis dan administrasi guna mendukung program pertahanan dan pembangunan nasional,” kata Pangkolinlamil Laksda TNI Yudo Margono.


Selain itu, Pangkolinlamil juga mengingatkan bahwa dalam memasuki tahun politik pilkada 2018 agar seluruh jajaran menjaga netralitas dan tidak turut campur dalam pemilihan para calon kepala daerah dimasing-masing wilayahnya.


“Jangan ada yang ikut terlibat dalam Pilkada, Kita harus netral. Saya akan tindak tegas yang coba-coba bermain politik praktis,” tandas alumni AAL 1988 ini.


Ditegaskan pula, mengutip Panglima TNI saat penutupan Rapim TNI januari lalu bahwa agar tidak terpancing dengan pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan TNI.


“Sesuai perintah Panglima TNI, Prajurit jangan terpancing pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan institusi TNI,” Pangkolinlamil menambahkan. (has)

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.