Loading...
Dunia Militer

Hari Ini Airbus A400M AU Perancis Terbang Ke Lombok, Inilah Jenis Muatan yang Dibawa!

Setelah diwartakan sebelumnya, Airbus A400M Atlas dari AU Perancis (Armée de l’Air) yang tergabung dalam Misi Pegasus 2018, akan menerbangkan logistik ke wilayah bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dan merespon permitaan dari Pemerintah Indonesia pada 21 Agustus lalu untuk bantuan penerbangan logistik, pihak AU Perancis menanggapi dengan cepat, pada Jumat pagi (24/8), Airbus A400M Atlas dengan kode pesawat F-BRAD telah bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Bandara Internasional Lombok.

Baca juga: Misi Pegasus 2018 – Airbus A400M Atlas Terbangkan Logistik ke Lombok

“Dalam penerbangan logistik ini, Airbus A400M Perancis membawa payload berupa 20 ton galvanized roof sheets, 15 ton bulding materials, 2 ton tents and tarpaulin, serta 2 unit ambulance,” ujar Dominique Rouberts, Bagian Pers Kedutaan Perancis di Indonesia kepada Indomiliter.com. Lebih lanjut disebutkan, misi penerbangan ke Lombok hanya dilakukan dengan satu kali sortie.

Baca Juga:  TNI Dikhawatirkan Jadi Sasaran Teror jika Ikut Gempur ISIS di Filipina

Setelah dari Lombok, rencananya pesawat Airbus A400M masih akan kembali ke Halim Perdanakusuma, dan selanjutnya baru akan menuju Malaysia, bersama tiga unit Rafale B yang akan menuntaskan misi Pegasus 2018 di Asia Tenggara.

Satu unit ambulance Daihatsu juga turut dibawa ke dalam kargo Airbus A400M.

Seperti diberitakan Indomiliter.com sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soewarno mengatakan yang dibutuhkan Lombok saat ini adalah kebutuhan dasar, seperti selimut serta makanan. “Kami juga mulai ingin membangun kembali Lombok, dengan mengangkut semen, baja dan seng,” tukasnya. Terkait dengan dukungan Airbus A400M, Rini mengatakan Perancis memberikan bantuan secara sukarela.

Baca juga: Low CBR Test – Uji Take off and Landing Airbus A400M di Landasan Pasir

Baca Juga:  ‘Tertunda’ Satu Tahun, Akhirnya Eks KRI Karimata 960 Karam Dihantam Rudal C-705 dan Torpedo SUT

Sebagai pesawat angkut berat, A400M punya ruang kargo dengan lebar 4 meter, tinggi 3,85 meter, dan panjang 17,71 meter, pesawat ini mampu mengangkut kargo dalam berukuran besar seperti helikopter NH90 atau CH-470 Chinook atau dua buah kendaraan pengangkut infanteri Stryker. A400M juga bisa mengangkut truk semitrailer dengan peti kemas berukuran 6,906 meter. Kapasitas muatan keseluruhan mencapai 37 ton. (Haryo Adjie)

Sumber: Indomiliter.com
Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.