Home / Lifestyle / Ini 5 Makanan Warna Putih yang Bisa Bikin Gelap Kesehatanmu

Ini 5 Makanan Warna Putih yang Bisa Bikin Gelap Kesehatanmu

roti dan selai

Tidak selamanya warna putih itu menyenangkan, sebab ada lima makanan berwarna putih yang terbukti dapat membuat kesehatanmu menggelap jika berlebihan dikonsumsi. Contohnya adalah gula putih, yang diyakini telah melalui proses penyaringan berulang kali serta pemutihan dengan bahan kimia.

Tak hanya gula, ada beberapa jenis makanan berwarna putih lain yang juga sering dikaitkan dengan penyakit seperti obesitas, hipertensi, diabetes, serta ketidakpekaan insulin.

Apa saja? simak yuk seperti dilansir laman thehealthsite.com:

Roti putih

Bahan pembuat roti putih adalah terigu yang sudah melalui proses pengolahan panjang, hingga warnanya jadi putih. Terigu ini juga mengandung gluten yang kurang baik bagi pencernaan. Nutrisi bermanfaat yang ada pada gandum, bahan utama pembuat terigu, telah hilang akibat proses panjang di pabrik. Konsumsi roti putih berlebihan dan rutin bisa memicu resistensi insulin dan diabetes.

Nasi putih

Walau nasi putih adalah makanan pokok, namun ia kaya kandungan zat gula atau karbohidrat yang bisa memicu naiknya kadar gula darah, serta menyebabkan diabetes.

Garam

Berlebihan mengonsumsi garam bisa memicu overdosis dan menyebabkan hipertensi atau darah tinggi, rusaknya pembuluh darah dan kanker perut.

Gula pasir/putih

Konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah, meningkatkan berat badan, juga menyebabkan mood buruk.

Kentang

Makan kentang memang enak, apalagi french fries atau kentang goreng. Namun ia juga kurang baik sebab bisa memicu naiknya gula darah. Lebih disarankan mengonsumsi kentang dengan olahan direbus atau dikukus dan dipanggang. Semoga bermanfaat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *