Loading...
Gadget

Ini Bahaya Tik Tok Bagi Anak Menurut ICPW

Tik TokTik Tok

Aplikasi Tik Tok saat ini sedang naik daun dan digemari kawula muda tanah air, terutama remaja. Popularitas Tik Tok ini melahirkan artis dadakan yang penuh kontroversi, yakni Bowo Alpenliebe. Indonesia Child Protection Watch (ICPW) telah mengungkapkan beberapa bahaya aplikasi Tik Tok bagi anak. Hal ini tak lepas dari mayoritas pengguna aplikasi lipsync tersebut adalah remaja usia di bawah 16 tahun.

“Kebanyakan masyarakat belum mampu menyaring hal mana yang akan berdampak baik dan buruk. Masyarakat harus menyadari bahwa aplikasi tersebut berpotensi mendorong penggunanya melakukan hal yag tidak wajar atau tidak sesuai dengan norma yang ada. Saat pengguna Tik Tok menyebarkan konten ke akun media sosial lain dan meberikan informasi pribadi yang bisa dilihat semua orang secara bebas maka hal tersebut berpotensi buruk.” 

“Perundungan dari netizen juga berpotensi berubah menjadi pembunuhan karakter karena tidak semua orang memahami niat maupun maksud dari pengguna Tik Tok tapi sudah langsung menghujat dan memberikan label negatif. Padahal mungkin saja penggunanya hanya melakukan untuk hiburan saja,” kata Ketua Indonesia Child Protection Watch (ICPW) Erlinda.

Baca Juga:  ZTE Nubia Z17 dengan RAM 8GB Siap Dipesan

Dampak buruk dari aplikasi Tik Tok menurut ICPW adalah mendorong penggunanya untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Selain itu, aplikasi Tik Tok ini juga memiliki dampak negatif pada privasi pengguna karena banyak videonya yang dibagikan di sosial media. 

Adanya konten negatif ini mendoromg Kominfo untuk memblokir Tik Tok pada 3 Juli 2018 lalu. Kominfo mengatakan bahwa pemblokiran aplikasi Tik Tok ini sudah sesuai dengan prosedur. Kominfo mengatakan telah menerima banyak aduan dari masyarakat mengenai aplikasi Tik Tok. Tak kurang dari 2800 aduan dari masyarakat terkait Tik Tok ini.

“Remaja dan anak-anak tersebut mulai terpapar hal-hal erotis atau berpakaian seperti orang dewasa yang berarti menggangu proses tumbuh kembang anak yang seharusnya menjadi momen golden age,” tutup Erlinda.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.