Ini Dia Formasi Starting XI Barcelona 'Era' Philippe Coutinho

Seperti apa formasi starting XI Barcelona ketika Philippe Coutinho sudah masuk ke kubu Camp Nou? Sejak awal sudah banyak yang mempertanyakan, untuk apa Cou dihadirkan dengan skuat bertabur bintang milik Barca. Namun pria 160 juta Euro itu memang istimewa.

Philippe Coutinho akhirnya mendarat juga di Barcelona. Bahkan meski butuh waktu lebih dari enam bulan untuk mewujudkannya. Sang playmaker kini berlabel status pemain dengan transfer termahal kedua di dunia setelah Neymar, yang dibeli PSG seharga 222 juta Euro.

Pertanyaaan terbesar untuk Philippe Coutinho adalah, di mana dia diletakkan di lapangan. Masalahnya, jika skema Barcelona tetap 4-3-3, maka Cou hanya bisa bermain setelah memenangi pertarungan melawan Andres Iniesta, Ivan Rakitic, Paulinho, juga Denis Suarez, Andre Gomes, hingga Arda Turan.

Terlalu banyak nama yang dikorbankan. Oleh karenanya, pola 4-3-3 tampaknya bakal sepenuhnya ditinggalkan Barcelona. Mereka bisa memakai skema 4-4-2 atau 4-2-3-1 untuk mengakomodasi Coutinho.

Dengan formasi 4-4-2, Philippe Coutinho bisa bermain di semua posisi gelandang kecuali pivot yang sudah mutlak dimiliki Sergio Busquets atau di saat tertentu, Paulinho. Barcelona juga sudah terbiasa dengan formasi ini, mengandalkan duo Lionel Messi-Luis Suarez di depan.

Philippe Coutinho Resmi ke Barcelona, Rekor Transfer 160 Juta Euro 34

Formasi 4-2-3-1 bisa jadi lebih ideal. Luis Suarez akan dipasang sebagai penyerang tunggal, dan didukung oleh Ousmane Dembele-Lionel Messi-Philippe Coutinho-Paulinho-Sergio Busquets. Pola ini adalah favorit Ernesto Valverde ketika berada di Athletic Bilbao.

Satu yang pasti, hendak memakai formasi apapun, Philippe Coutinho tampaknya diplot oleh Barcelona sebagai pengganti Andres Iniesta yang sebentar lagi pensiun.

Dengan ditambah Paulinho yang ditarik pada musim panas ini, lagi-lagi, Barca mencari sosok di luar pemain akademi mereka untuk menempati posisi seorang legenda yang luar biasa, seperti yang pernah terjadi kala Xavi pensiun.

Cuma, kali ini perbedaannya adalah, Philippe Coutinho tampaknya diberi waktu berintegrasi ke skuat Barcelona selama enam bulan. Faktanya, Cou tidak bisa tampil di Liga Champions musim ini untuk Barca. Kekuatan sesungguhnya dari sang mantan pemain Internazionale dan Espanyol, baru bisa dilihat pada musim depan.

FORMASI IDEAL BARCELONA ERA PHILIPPE COUTINHO

4-2-3-1: Marc Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Sergio Busquets, Paulinho; Philippe Coutinho, Lionel Messi, Ousmane Dembele; Luis Suarez

4-4-2: Marc Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Sergio Busquets, Paulinho, Philippe Coutinho, Andres Iniesta/ Ivan Rakitic; Lionel Messi, Luis Suarez

Loading...

Sampaikan Pendapat