kopi termahal

Kopi termahal di Indonesia, bahkan di dunia sebelumnya dikenal adalah dari jenis kopi luwak. Namun baru-baru ini rekor kopi termahal pecah dengan terjualnya kopi mikro lot dengan sistem lelang, seharga Rp2.050.000 per kilogram dimenangkan oleh perusahaan 70 Fahrenheit Koffie Bali.

Pada acara yang digelar di Jakarta 20 Oktober 2017 lalu, kopi-kopi yang dilelang adalah kopi hasil perkebunan Gunung Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jenis kopi tersebut berhasil memenangkan seleksi yang diikuti oleh 60-an kopi dari berbagai daerah di tanah air. Penyeleksi merupakan kurator lelang yang telah berpengalaman di bidangnya.

Menurut sang pembeli, Presiden Direktur 70 Fahrenheit Koffie, Suryadi Suryadhamma, perusahaannya berani membeli dengan harga tinggi untuk mengapresiasi hasil kerja petani kopi Indonesia.

“Hasil pengolahan kopi terbaik harus mendapat penghargaan yang baik pula,” ucap dia di Jimbaran, Bali, seperti dilansir laman viva.co.id.

Lelang tersebut digelar bersamaan dengan dihelatnya Asia Pasific Coffee Conference, yang pesertanya datang dari berbagai kalangan pengusaha kopi termasuk coffe shop di tanah air.

Untuk kopi Gunung Patuha tersebut, harga pembuka yang diberikan oleh kurator adalah Rp115 ribu. Lelang pun berjalan dengan antusias hingga akhirnya harga naik lebih dari Rp1 juta yang membuat peserta mulai menyerah.

“Tapi Ketua SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) memberi semangat bahwa tujuan lelang ini untuk mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada para petani kopi agar mereka bangga dengan produksi kopinya,” tambah dia.

Rencananya kopi Gunung Patuha ini akan dicatatkan ke rekor Museum Indonesia (MURI) sebagai kopi termahal di Indonesia saat ini.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here