daun ubi jalar

Daun ubi jalar belum banyak digunakan sebagai bahan makanan, dibanding jenis sayuran lainnya. Padahal ada banyak manfaat kesehatan yang tersimpan dalam segenggam daun berwarna hijau tua tersebut.

Beberapa nutrisi bermanfaat yang dikandung oleh daun ubi jalar ternyata memberi manfaat besar bagi tubuh manusia, antara lain disebut bahwa vitamin B6 nya tiga kali lebih banyak dari buahnya.

Dilansir laman Jurnal HortScience, ada pula vitamin C dalam daun ubi jalar yang banyaknya lima kali dibanding buah ubi jalar. Riboflavinnya tercatat 10 kali banyaknya dari pada buahnya sendiri.

Disisi lain ada karbohidrat, protein serta kalsium, juga zat besi yang masing-masing memiliki kegunaan positif untuk kesehatan.

Bahkan pada daun ubi jalar juga tersimpan zat beta karoten yang baik bagi kesehatan mata, juga lutein dengan manfaat yang sama.

Pada beberapa grup kesehatan, terdapat sejumlah testimoni mengenai manfaat daun ubi jalar untuk meningkatkan jumlah trombosit bagi pengidap penyakit DBD atau demam berdarah dengue.

Walau secara resmi penelitian belum ada yang membuktikan hal itu dari sisi ilmiah, namun testimoni dari banyak penggunanya tidak ada salahnya dicoba.

Menurut konsultan dan praktisi herbal, dokter Prapti Utami, testimoni itu baru menunjukkan manfaat secara empiris atau uji manfaat.

“Saya belum eksplorasi jurnal, tapi berdasarkan grup di Facebook yang beranggotakan 12 ribu orang, banyak yang cerita berhasil menaikkan trombosit,” ungkapnya seperti dilansir laman liputan6.com.

Cara pemakaian daun ubi jalar untuk menaikkan trombosit adalah dengan merebus memakai sejumlah air, lima menit saja. Setelah itu air rebusan dikonsumsi oleh si pasien sampai jumlah trombositnya naik.

“Setelah mendapatkan pengobatan medis boleh-boleh saja diberikan daun ubi jalar,” tambahnya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here