minum kopi

Kebiasaan minum kopi jangan sampai berlebihan. Oversdosis kafein dapat dialami oleh seseorang dengan memunculkan beragam efek samping. Bukan kopi saja sebenarnya yang dapat menimbulkan overdosis ini. Namun akumulasi dari berbagai minuman berkafein dapat membuat tubuh kelebihan asupannya.

Kelebihan kafein di tubuh dapat dikenali dengan melihat perilaku yang dialami seseorang. Dikutip dari laman Republika, berikut beberapa tanda saat kafein tidak bisa ditoleransi lagi:

Gugup. Kafein memunculkan sikap gugup ketika asupannya berlebih. Orang akan mudah gelisah sebagai respons dari degup jantung yang tidak menentu. Kadang degupnya tidak terasa, namun kerap pula kencang. Sebagian orang kadang tampak seperti kejang ringan atau seizure.

Sakit kepala dan bahkan pusing. Jika kafein sudah kebanyakan, seseorang sangat mungkin mengalami sakit kepala. Mereka juga mungkin merasa pusing, yaitu sakit kepala yang disertai sensasi berputar sewaktu memandang objek. Saat tanda ini terjadi segera hentikan minum kopi atau minuman kafein lainnya.

Diare, insomnia, demam, mudah marah, dan dehidrasi adalah gejala lainnya yang bersifat ringan. Kalau gejala tersebut muncul dalam jangka waktu tidak lama setelah minum kopi, maka ada kemungkinan tubuh overdosis kafein.

Gejala lebih berat adalah muntah, halusinasi, bingung, sakit pada dada, detak jantung tidak beraturan, kejang otot, dan sesak napas. Jika sudah begini, wajib sama sekali tidak menyentuh kafein karena mencapai tahap keracunan. Untuk mengobatinya dengan mengonsumsi pencahar atau lavage lambung.  Isi perut harus segera dikosongkan. Dokter juga akan memantau detak jantung memakai EKG dan mungkin dilakukan bantuan pernapasan jika perlu.

Minum kopi tetap harus terkontrol. Jangan biarkan asupan kafein berlebih justru menimbulkan kerugian bagi tubuh. Minuman paling baik untuk tubuh adalah air putih. Jadikan minum kopi sebagai selingan saja dalam takaran terbatas.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here