duduk di lantai

Anak-anak memiliki tubuh yang sangat lentur, sehingga mereka bisa bermain dan beraktifitas dengan posisi yang fleksibel. Sebenarnya hal itu baik bagi perkembangan tubuhnya, selama tidak mempengaruhi pertumbuhan tulang ke arah yang salah.

Misalnya pada posisi duduk anak-anak di lantai, saat kedua lututnya mereka tekuk ke arah luar. Posisi duduk ini akan membentuk huruf W jika dilihat sekilas. Jika Anda melihat anak duduk di lantai dengan posisi kaki seperti ini, sebaiknya segera dilarang agar tidak menjadi kebiasaan.

Mengapa demikian? Karena kebiasaan duduk di lantai dengan kedua lutut menekuk ke arah luar dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang kaki anak.

Dari laman Brightside.me, anak-anak akan merasa nyaman jika duduk dengan posisi huruf W ini. Bahkan balita pun banyak yang sudah mampu melakukannya karena posisi ini membuat mereka tidak mudah jatuh ke belakang.

Padahal bahaya yang bisa muncul adalah masalah ortopedi serius untuk perkembangan mereka. Anak bisa mengalami keterlambatan pengembangan kontrol postural dan stabilitas tubuh. Mereka pun dapat mengalami hambatan pada keterampilan motorik.

Pertumbuhan kaki anak bisa menjadi seperti huruf ‘X’ dan itu membuat cara jalannya tidak normal.

Duduk dengan posisi tersebut juga dapat memicu masalah kekentalan otot dan menimbulkan nyeri di kemudian hari.

Tekanan yang besar dialami oleh pinggul, lutut, juga pergelangan kaki saat anak duduk menyerupai huruf W.

Jadi sebaiknya Anda melarang dan mencegah anak agar tidak duduk dengan posisi kaki seperti itu demi kesehatannya sendiri.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here