Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berziarah ke makam Presiden RI ke-2 Jenderal Besar H.M. Soeharto di Astana Giri Bangun, Matesih, Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (19/9/2017).
Menurut Gatot, kunjungannya ke makam Soeharto merupakan bentuk penghormatan kepada pemimpin bangsa terdahulu. 


“Sosok Jenderal Besar H. M. Soeharto adalah seorang Perwira yang selalu sukses dalam setiap penugasan, sehingga menjadi panutan dan teladan bagi prajurit-prajurit TNI,” ujar Gatot, seperti dikutip dari keterangan tertulis Puspen TNI, Selasa (19/9).


Saat berziarah , Gatot berdoa dan mengajak prajurit-prajurit TNI meneladani Seoharto.


“Sejak perjuangannya hingga sampai menjadi Presiden,” katanya


Gatot mengatakan, pelaksanaan ziarah ke makam Soeharto merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-72 TNI tahun 2017. 


“Ziarah ke Makam mantan Presiden RI ke-2 Jenderal Besar H.M. Soeharto merupakan salah satu wujud bahwa TNI tidak pernah melupakan sejarah,” ucapnya.


Sebelum berziarah ke makam Soeharto, Gatot bersama Kepala Staf Angkatan dan para Asisten Panglima TNI telah berziarah ke makam Presiden ke-1 RI Soekarno di Bendogerit, Blitar dan makam Gus Dur di Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur.


Rencananya, Gatot dan rombongan juga akan berziarah ke Taman Makam Pahlawan prajurit-prajurit TNI di Dili dan Baucau, Rabu (20/9). Dua wilayah yang dulu masuk wilayah NKRI itu kini sudah menjadi bagian Timor Leste.


Gatot mengatakan, para prajurit TNI yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dili dan Baucau adalah prajurit yang gugur dalam melaksanakan tugas dengan ketulusan bahkan rela berkorban sampai nyawa mereka melayang.


“Ziarah ke Dili dan Baucau menunjukkan bahwa TNI sebagai institusi tidak melupakan prajurit-prajurit terbaik yang gugur dan dimakamkan di sana, karena tidak sempat dibawa pulang ke kampung halamannya, bahkan sampai sekarang banyak keluarga mereka yang tidak tahu di mana makamnya,” ujar Gatot.


Sumber: Puspen TNI/CNN Indonesia

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here