Loading...
Lifestyle

Jika BAB Berwarna Hitam, Waspadai Kemungkinan 3 Penyebabnya Ini

buang air besar

Memperhatikan warna feses saat buang air besar perlu dilakukan. Ini untuk mengukur seberapa sehat sistem pencernaan Anda dan adakah penyakit yang mungkin dialami. Jika feses berwarna hitam, Anda perlu waspada dan mengetahui penyebab mengapa limbah dari dalam tubuh itu berwarna hitam.

Dilansir laman Mayo Clinic, ada beberapa kemungkinan penyebab tinja berwarna hitam yang jelas tidak normal. Pertama bisa karena perubahan diet, atau tanda adanya kanker usus serta pendarahan internal yang bisa terjadi.

Lebih jelasnya, simak informasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi saat tinja atau feses berwarna hitam, seperti dilansir laman Express, Selasa (2/1/2018):

Perdarahan

Warna hitam bisa terjadi akibat perdarahan di saluran cerna atas misalnya perut dan kerongkongan. Jadi darah sempat melewati proses cerna yang lama membuat warnanya hitam.

Baca Juga:  Waspada, Ini 4 Jenis Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Banjir

Hal ini sebaiknya disikapi serius sebab pendarahan saluran gastrointestinal bisa berpotensi disebabkan oleh ulkus atau tumor.

Kanker usus

Penelitian di Cancer Research UK menyebut bahwa ini mengindikasikan kanker di usus besar. Apalagi jika ada gejala lain seperti diare dan sembelit, juga perdarahan rektum.

Gastritis

Lapisan perut mengalami pembengkakan, dipicu oleh minuman keras dan makanan yang pedas. Jika lapisan ini mengalami perdarahan juga dan tak diobati maka risikonya adalah hilangnya lapisan lambung dan kelenjar.

Segera hubungi pihak medis jika mengalami hal demikian, agar mendapat pertolongan lebih lanjut sesegera mungkin.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.