Loading...
Lifestyle

Jika Ingin Tanaman Subur Pakai Saja Kulit Telur Sebagai Pupuk

tanam cabai rawit

Melihat tanaman dalam pot tumbuh subur tentu jadi hal yang membahagiakan serta menyenangkan. Apalagi jika tanaman tersebut menghasilkan buah yang bisa dimanfaatkan, dua kali senangnya bukan? Namun untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, salah satunya rutin memberikan pupuk.

Pupuk membuat tanaman lebih subur karena nutrisi untuk bertumbuhnya dicukupi. Jika Anda khawatir dengan penggunaan pupuk kimia, maka gunakan saja pupuk alami yang aman dari efek samping negatif.

Misalnya saja kulit telur ayam atau bebek, yang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman yang cukup efektif. Jadi ketimbang dibuang, manfaatkan saja kulit telur tersebut untuk menyuburkan tanaman.

Baca Juga:  4 Keuntungan Konsumsi Daun Pepaya, Tak Terduga

Kulit telur mengandung kalsium yang cukup banyak, juga nitrogen dan asam fosfat. Itu semua baik untuk kesuburan tanah dan memenuhi kebutuhan tanaman.

Dilansir laman Gardening Know How, Selasa (20/2/2018), kalsium dibutuhkan sekali terutama untuk tanaman sayur dan buah. Jika terdapat unsur kalsium dalam tanah maka masalah seperti bunga tak mekar, buah busuk dan batang rapuh akan hilang.

Demikian juga nitrogen yang merangsang peembentukan kuncup atau tunas tanaman.

Anda bisa secara langsung menghancurkan kulit telur lalu menaburkannya di sekitar akar tanaman, atau menimbun di tanah dalam pot.

Bisa juga dengan cara merebus kulit telur dalam jumlah banyak, kemudian siramkan air rebusannya ke tanaman. Tentu Anda harus menunggu hingga air jadi dingin dahulu.

Baca Juga:  Ini 5 Makanan Warna Putih yang Bisa Bikin Gelap Kesehatanmu

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota dengan uji percampuran air suling dengan cangkang telur kemudian direbus, lalu disiramkan ke tanaman akan menghasilkan kalsium dalam air tersebut.

Saat disiramkan ke pot tanaman, maka kandungan kalsium dan potassium di tanahnya meningkat signifikan.

Tumbuhan akan tampak subur dan menghasilkan bunga dan buah yang rimbun jika rutin diberi siraman air rebusan kulit telur. Selamat mencoba.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.