Loading...
MotoGP

Jika Valentino Rossi Masih ‘Bernafsu’ di MotoGP, Untuk Apa Pensiun?

Valentino Rossi Ancang-Ancang Pensiun Pasca MotoGP 2019

Jika Valentino Rossi masih ‘bernafsu’ di MotoGP, maka tidak ada alasan baginya pensiun. Demikian pendapat Casey Stoner, mantan rival The Doctor yang kini menjadi pebalap tes Ducati. Menurutnya, Rossi masih membalap di usia mendekati 39 tahun bukanlah keanehan.

Valentino Rossi menyebutkan, keputusannya bertahan atau tidak di MotoGP, akan ditinjau dari evaluasi penampilannya di awal tahun ini. Jika memang kompetitif, The Doctor siap menambah durasi kontrak selama dua tahun dengan Yamaha. Jika tidak, MotoGP 2019 akan menjadi tahun terakhir Rossi.

Ucapan sang pebalap Italia ini mengundang banyak reaksi. Tidak sedikit yang menyebutkan, memang sudah seharusnya Valentino Rossi pensiun. Toh usia sang juara dunia sembilan kali sudah sangat berbeda dibandingkan para juniornya macam Maverick Vinales dan Franco Morbidelli.

Namun di sisi lain, kehilangan Valentino Rossi bakal menjadi guncangan besar untuk dunia MotoGP. Mengingat, sang pebalap Italia adalah ikon yang membuat keriuhan olahraga ini selama dua dasawarsa.

Yamaha Bakal Gandeng Tim Bentukan Valentino Rossi di MotoGP 2019

Ketika Casey Stoner dimintai pendapat tentang hal ini, dia menegaskan, keputusan sepenuhnya ada di tangan Rossi. Stoner yang pensiun di usia 27 tahun –dan kini 32 tahun– tidak merasa aneh jika Rossi masih bertahan barang dua tahun lagi.

Dikutip dari Motorsport.com, Stoner menuturkan, “Setiap orang itu berbeda. Anda lihat Mick Doohan, yang mulai memenangi gelar di akhir-akhir kariernya, dan tetap menjadi pemenang di usia pertengahan 30-an tahun.”

“Anda melihat orang-orang melakukan event Ironman (triathlon), mereka adalah orang-orang paling fit di dunial rata-rata berumur 35 hingga 40 tahun, kala berada dalam bentuk terbaik. Jadi, jika kita berkata, ada usia tertentu yang menjadi patokan standar (untuk performa terbaik), itu adalah hal bodoh.”

“Jika Valentino masih mencintai balapan dan masih kompetitif, tidak ada alasan baginya untuk pensiun. Dia masih salah satu opsi terbaik yang dimiliki tim pabrikan; dan yang diberikannya untuk kejuaraan (MotoGP) ini luar biasa.”

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.