Home / Berita / Jokowi Kaji Tiga Provinsi untuk Jadi Ibu Kota Baru, PLN: Kami akan Siapkan Infrastruktur

Jokowi Kaji Tiga Provinsi untuk Jadi Ibu Kota Baru, PLN: Kami akan Siapkan Infrastruktur


Sofyan Basir selaku Direktur Utama PLN mengklaim pihaknya akan melakukan persiapan infrastruktur sehubungan dengan rencana pemindahan ibu kota negara. Sofyan mengatakan, meski rencana ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi persiapan yang dilakukan juga memerlukan waktu.

Melansir laporan Republika, Jumat (14/7/2017), lanjut Sofyan, bila memang rencana pemindahan ibu kota negara sudah mendapatkan sinyal positif dari pemerintah, maka persiapan terkait penyiapan infrastruktur listrik langsung akan dilakukan oleh PLN.

“Kita mah harus siap, ini kan bukan program satu dua tahun. Kita dua tahun ini harus siap, kita akan siapkan infrastruktur jika memang itu dilakukan,” tukas Sofyan saat dikonfirmasi di Mabes TNI, Cilangkap, Jumat (14/7/2017).

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengungkapkan saat ini pemerintah sedang melakukan kajian pada tiga titik daerah yang rencananya akan dijadikan ibu kota negara. Namun, Presiden masih enggan menyebutkan wilayah mana saja yang sedang dikajinya, sebab hal tersebut akan berdampak pada kenaikan harga tanah.

“Ada tiga tempat memang, tiga provinsi yang masuk dalam kajian itu,” ucap Jokowi yang hadir di acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah di Balikpapan International Convention Center, Kamis (13/7/2017).

Presiden menuturkan, pemindahan ibu kota memerlukan kalkulasi dan perencanaan yang matang. Apalagi rencana tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Pindah ibu kota perlu kalkulasi mengenai sosial politik, infrastruktur, dan perekonomian. Semua dihitung, kemudian diketahui kebutuhan biayanya,” urai Jokowi.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa wacana pemindahan ibu kota Negara Indonesia sampai dengan saat ini masih dalam tahap kajian. Pemindahan ini pun masih butuh kalkulasi mendalam dari berbagai aspek sehingga tidak memungkinkan untuk segera diputuskan. Termasuk keinginan Gubernur Kalimantan Timur yang berharap pemindahan Ibu Kota bisa dilakukan di provinsi tersebut.

“Tadi sudah disampaikan Gubernur Kalimantan Timur mengenai ibu kota. Saya tidak mau menyinggung itu dulu karena masih kajian,” imbuh Presiden melalui siaran pers Istana Negara, saat memberikan sambutannya dalam acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah di Balikpapan International Convention Center, Kalimantan Timur, Kamis (13/7/2017) kemarin.

Jokowi mengungkapkan, dalam persiapan pemindahan ini setidaknya terdapat tiga provinsi yang sedang dikaji lebih dalam. Namun, Jokowi enggan mebeberkan provinsi mana yang sedang dikaji itu. Hal ini untuk meminimalisir harga tanah yang dapat melambung tinggi akibat aksi para spekulan.

“Tidak saya buka. Kalau saya buka di Kalimantan Timur misalnya di Berau, nanti semua orang beli tanah di sana. Harga tanah langsung melambung,” ucapnya.

Adapun Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, sempat menyatakan bahwa Provinsi Kalimantan Timur siap untuk memfasilitasi kebutuhan lahan pemerintah pusat untuk mempersiapkan ibu kota yang baru. Ia juga menyebut bahwa saat ini Kalimantan Timur telah memiliki sejumlah infrastruktur yang strategis seperti bandara dan pelabuhan internasional, jalan tol, dan pasokan listrik yang mencukupi.

Walaupun begitu, Jokowi menerangkan bahwa pemindahan ibu kota memerlukan kalkulasi dan perencanaan yang matang. Apalagi rencana tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Pindah ibu kota perlu kalkulasi mengenai sosial politik, infrastruktur, dan perekonomian. Semua dihitung, kemudian diketahui kebutuhan biayanya. Itu menyangkut biaya yang banyak. Memang banyak negara sudah memindahkan dan memisahkan antara bisnis dan pemerintahan sehingga semua bisa berjalan baik,” urai Jokowi.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.